Jokowi-Puan Tak Bahas soal Pertemuan dengan Megawati

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 21 Mei 2024 19:50 WIB
Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Joko Widodo (kanan) (Foto: Istimewa)
Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Joko Widodo (kanan) (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap beberapa tema pembicaraannya saat bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani di acara gala dinner World Water Forum ke-10 di Bali baru-baru ini.

Dia pun mengaku, tak membahas rencana atau potensi pertemuannya lagi dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Puan adalah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP dan putri kandung Megawati.

"Dengan Mbak Puan enggak ada [pembahasan soal pertemuan dengan Megawati]," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan secara virtual, Selasa (21/5/2024).

Dia mengklaim memiliki hubungan yang akrab dengan Puan Maharani sejak lama. Jokowi sendiri adalah kader PDIP yang diusung menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden RI.

Hubungan Jokowi dan PDIP mulai merenggang jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Jokowi dikabarkan tak mendukung pasangan calon yang diusung PDIP yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dia justru mendukung dan membantu puteranya Gibran Rakabuming Raka yang menjadi calon wapres dari Prabowo Subianto.

Relasi Jokowi dan PDIP pun belum membaik usai Pemilu 2024 berakhir dengan kemenangan telak Prabowo-Gibran dengan raihan 58% suara nasional. Jokowi belum pernah lagi hadir atau terlibat dengan kegiatan PDIP. Bahkan, partai berlambang kepala banteng tersebut memastikan Jokowi tak diundang pada acara Rakernas V, akhir Mei mendatang.

Saat Gala Dinner WWF ke-10, Jokowi nampak menyambut hangat kedatangan Puan Maharani. Keduanya nampak tersenyum dan melakukan sejumlah komunikasi singkat. Ini adalah pertemuan kembali Jokowi dan Puan usai Pemilu 2024. "Yang diobrolkan ya masalah air, namanya di World Water Forum," kata Jokowi.