DPR Minta Bawaslu Optimalkan Peran dan Fungsinya pada Pilkada 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 Mei 2024 15:05 WIB
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Syamsurizal (Foto: Ist)
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Syamsurizal (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal, meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengoptimalkan peran dan fungsinya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Hal itu disampaikannya saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dirjen Polpum, Dirjen Otda Kemendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/5/2024). 

"Penyelenggaraan pemilu ini akan kehilangan legitimasinya kalau Bawaslunya tidak optimal," kata Syamsurizal di ruang rapat Komisi II DPR. 

Kata dia, untuk menciptakan pemilihan umum (pemilu) yang berkualitas, Bawaslu memiliki peran penting dalam mewujudkan hal itu. 

"Oleh karena itu peran Bawaslu ini sangat menentukan untuk dapat menentukan legitimasi penyelenggaraan pemilu dan keabsahan sebuah pemilu," ujarnya. 

Sebab itu Syamsurizal memastikan, bahwa komisinya akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Bawaslu untuk mengawasi seluruh tahapan Pilkada 2024.

"Karena ini mengeluarkan dana besar. Oleh karena itu kita patut mendudukkan dan kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada Bawaslu," ucapnya. 

Lebih lanjut, politkus PPP mengatakan, kinerja KPU dapat berjalan baik jika peran dan fungsi Bawaslu berjalan sesuai koridornya. 

"KPU bisa berjalan dengan baik kalau pengawasannya betul-betul dapat kita wujudkan dan itu adalah peran dari Bawaslu," demikian Syamsurizal.