PDIP: Rakernas V Momentum Kebangkitan Reformasi untuk Hadapi Sisi Gelap Kekuasaan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 Mei 2024 17:52 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: MI/Dhanis)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-V merupakan momentum untuk membangkitkan semangat reformasi dari sisi gelap kekuasaan. 

"Rakernas ini diadakan dalam suatu momentum di mana semangat reformasi bergelora, menghadapi berbagai bentuk sisi-sisi gelap kekuasaan," kata Hasto di kantor PDIP, Jakarta, Rabu (22/5/2024). 

Kata Hasto, contoh sisi gelap kekuasaan itu dapat dilihat selama kontestasi Pilpres 2024 berlangsung beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, semua mata dan semua kalangan mampu melihat sisi gelap tersebut. Sehingga banyak yang menganggap Pemilu 2024 sebagai Pemilu paling terburuk dalam sejarah demokrasi bangsa. 

"Itu terekam kuat di dalam memori publik, terekam kuat dari apa yang disuarakan oleh para tokoh civil society, para guru besar, para ahli hukum, dan para seniman bahkan budayawan yang juga menyimpulkan bahwa Pemilu 2024 merupakan pemilu yang paling brutal dalam sejarah demokrasi Indonesia," beber Hasto.

Selain itu, kata Hasto, partainya juga tak akan mengundang presiden Joko Widodo (Jokowi), karena menurutnya Jokowi dianggap telah melemahkan demokrasi dan hukum. 

Untuk itu, tak mungkin bagi PDIP mengundang figur yang tak memiliki spirit untuk menegakkan demokrasi dan hukum. 

"Tentang yang diundang adalah mereka-mereka yang memiliki spirit di dalam menegakkan demokrasi hukum, menegakkan negara hukum, menegakkan demokrasi yang berkedaulatan rakyat," tegas Hasto.

Adapun Rakernas V PDIP mengangkat tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang dengan sub-tema Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya.

Rekernas tersebut akan dilaksanakan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta pada Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5).