Hari Ini PDIP Umumkan Sikap Politik di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 26 Mei 2024 10:46 WIB
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri [Foto: Yt/@PDIPerjuangan]
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri [Foto: Yt/@PDIPerjuangan]

Jakarta, MI - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hari ini, Minggu (26/5/2024) akan menutup secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, yang sudah berlangsung sejak Jumat (24/5/2024) di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara.

Penutupan Rakernas V PDIP, akan diwarnai pembacaan sejumlah rekomendasi hasil putusan, dari pembahasan dalam tiga hari ini.

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh publik adalah, putusan sikap politik PDIP apakah jadi oposisi, atau mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengatakan bahwa sikap politik PDIP diumumkan hari ini, saat penutupan Rakernas V. 

"Kita lihat besok (hari ini)," kata Puan di sela Rakernas V PDI, Sabtu (25/5/2024).

"Sikap politik nantinya akan diserahkan kepada ketua umum (PDIP)," sambungnya.

Rakernas V akan dimulai dengan laporan dari masing-masing komisi, yang telah dibentuk dalam forum ini dan dilanjutkan, dengan penyampaian rekomendasi internal. 

Kemudian, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memberikan pengarahan. Namun, seluruh rangkaian ini dilakukan secara tertutup.

Setelah itu, forum Rakernas V diputuskan untuk digelar secara terbuka, yang dimulai dengan pembacaan rekomendasi eksternal.

Usai rekomendasi disampaikan, Megawati akan kembali memberikan pidato sekaligus menutup secara resmi Rakernas V yang telah berjalan selama tiga hari di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta.

Rakernas kali ini mengusung tema “Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.