PAN Masih Pertimbangkan Usulan Raffi Ahmad Maju Cawagub di Pilkada Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 27 Mei 2024 13:51 WIB
Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Artis Raffi Ahmad dikabarkan akan maju sebagai cawagub mendampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono sebagai cagub pada Pilkada Jakarta 2024.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay, menilai hal itu masih sebatas usulan, dan partainya masih mempertimbangkan usulan tersebut.

"Saya dengar ada opsi mas Budisatrio mau di dorong kemudian berpasangan dengan Rafi Ahmad, ini kan masih usulan, yang saya kira masih sangat dinamis ya," kata Saleh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Saleh menilai tak ada yang salah dari usulan memajukan Raffi Ahmad sebagai cawagub di Pilkada Jakarta. Namun menurutnya usulan tersebut harus dikaji terlebih dahulu.

"Saya kira sebagai bagian dari pada usulan, ini baik-baik saja. Jadi kita minta masyarakat untuk memberikan penilaian dulu," ucap Ketua Fraksi PAN DPR RI itu.

Namun kata Saleh, hingga sejuah ini Pilgub Jakarta masih sangat dinamis, sehingga belum ada calon kepala daerah melalui jalur partai politik yang sudah final untuk diusung pada Pilkada 2024.

"Saya kira masih sangat dinamis ya, ya tentu nama-nama tersebut bisa kita pertimbangkan, apakah nanti memang betul-betul finalnya bisa disandingkan seperti itu, atau mungkin ada simulasi lain. Misalnya ada calon lain. Jadi gubernurnya Budisatrio wakilnya yang lain," ujarnya. 

Untuk itu kata dia, PAN akan mengamati dinamika politik ke depan, sebelum mengusung calon pasangan gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta.

Adapun untuk diketahui, PAN juga berupaya mengusung kader internal di Pilkada Jakarta. 

Nama Zita Anjani, putri dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), bakal diddorong untuk bisa maju menjadi cawagub.

"Karena itu simulasi yang akan datang itu kita akan coba kalau kira kami masukan 1 (gubernur) bisa enggak, kalau enggak bisa tentu kami akan legawa untuk misalnya 2 (cawagub)," pungkas Saleh.

Sebelumnya, santer dikabarkan Raffi Ahmad maju pada pada kontestasi Pilkada 2024. Sinyal itu ditunjuukkan dengan unggahan foto Budisatrio Djiwandono dan Raffi Ahmad di akun Instagram Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad @sufmi_dasco pada Jumat (24/5/2024) lalu.