Komisi III Minta Polda Jabar Tunjukkan Siapa Pelaku Sebenarnya dalam Kasus Vina

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 27 Mei 2024 21:15 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil (Foto: MI/Dhanis)
Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil, mendesak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) khususnya Polda Jabar untuk berani mengungkap siapa sebenarnya pelaku utama dalam kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita dan Muhammad Rizky di Cirebon pada tahun 2016 silam.

Untuk diketahui sebelumnya, Polda Jabar pada, Minggu (26/6/2024) telah merilis tersangka kasus pembunuhan tersebut, yakni Pegi Setiawan alias Perong. 

Meski begitu, Nasir menilai penetapan Pegi sebagai tersangka seperti sulit untuk dipercaya. Pasalnya ada banyak kejanggalan pada kasus tersebut ketika Polda Jabar menetapkan Pegi sebagai tersangka. 

"Jadi mulai sekarang tunjukan keberanian. Jadi kita minta penegak hukum untuk berani menunjukkan siapa pelaku sebenarnya," kata Nasir saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024). 

Bahkan kata Nasir, tak sedikit publik yang merasa curiga atas penetapan tersangka Pegi dalam kasus Vina itu.

Pasalnya, setiap waktu masyarakat disuguhkan dengan berita-berita yang dinilai adanya perbedaan dengan data yang dirilis oleh Polda Jabar. 

"Karena setiap hari kita disuguhi dengan berita-berita ini yang membuat masyarakat menjadi bingung, siapa sebenarnya pelakunya dan seperti apa sebenarnya ceritanya," ujarnya. 

Untuk itu, ia meminta dengan tegas kapada Kapolri Jenderal Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menuntaskan kasus tersebut sampai setuntas-tuntasnya. 

"Dan oleh karena itu, pimpinan di Polri harus menuntaskan sampai ke akar-akarnya, sehingga kemudian kasus ini bisa terang-benderang," tegasnya.