Pilgub Jatim 2024, Gerindra Resmi Usung Khofifah-Emil

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 7 Juni 2024 18:15 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, bersama bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak  di kediaman Prabowo, Jakarta, Jumat (7/6/2024). [Foto: ANTARA]
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, bersama bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di kediaman Prabowo, Jakarta, Jumat (7/6/2024). [Foto: ANTARA]

Jakarta, MI - Partai Gerindra secara resmi mengusung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, untuk maju sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim), dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

"Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung, mencalonkan, dan mendukung Ibu Khofifah dan Pak Emil Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur untuk periode 5 tahun yang akan datang dalam pemilihan bulan November ini," kata Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Prabowo menuturkan, kinerja dan prestasi keduanya yang membanggakan serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim, sudah terbukti saat Khofifah-Emil menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat memerlukan Khofifah dan Emil untuk mengakselerasi kemajuan Jatim, sebagai salah satu provinsi kunci di Indonesia.

Dia mengungkapkan, pertemuan jajaran Gerindra dengan Khofifah dan Emil di kediaman Prabowo berlangsung cepat. 

Sebelumnya, Partai Golkar, yang juga merupakan partai Koalisi Indonesia Maju, juga baru saja secara resmi mengusung Khofifah-Emil, dalam Pilgub Jatim 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, tujuan partainya mengusung Khofifah-Emil, karena tidak ingin kemajuan Jatim tidak dilanjutkan kembali oleh mereka.

"Kami tidak ingin pasangan yang sangat bekerja sama baik memajukan Jawa Timur, menurunkan kemiskinan ekstrem, penanganan COVID-19 yang baik, jadi proven leadership (contoh kepemimpinan) untuk di Jawa Timur, (sehingga) akan terus kami usung," kata Airlangga di Jakarta, Jumat (17/5/2024).