Ilham Habibie Optimis Sejarah Keluarganya Akan Mengantarnya Jadi Gubernur Jabar pada Pilkada 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 8 Juni 2024 21:40 WIB
Ilham Akbar Habibie memberikan keterangan usai dideklarasikan Partai Nasdem Jawa Barat untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024 (Foto: Antara)
Ilham Akbar Habibie memberikan keterangan usai dideklarasikan Partai Nasdem Jawa Barat untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024 (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Putra Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, menyinggung histori keluarganya yang lekat dengan Jawa Barat (Jabar), khususnya Kota Bandung. 

Hal itu disampaikan Ilham, setelah namanya dideklarasikan Partai Nasdem sebagai calon gubernur Jabar untuk Pilkada Jabar 2024, pada hari ini di Bandung, Sabtu (8/6/2024). 

Kata Ilham, meski dirinya tergolong wajah baru di kancah politik, dia menegaskan Bandung dan Jabar bukanlah wilayah baru baginya, sebab Ilham maupun keluarganya memiliki sejarah yang sangat melekat dengan kota kembang itu.

"Saya kira histori keluarga, orang tua saya juga besar di sini, sekolah di sini, setidaknya sebagian. Walau mungkin tidak seluruhnya, tapi Bandung dan beberapa bagian Jabar lainnya saya kenal," kata Ilham setelah deklarasi.

Ilham bermimpi, ingin membuat Jabar menjadi provinsi yang maju dengan peningkatan Sumber Daya Manusia yang implikasinya menurut dia akan memperkuat sektor industri di Jabar.

"Kuncinya adalah SDM kita untuk menjadikan industri kita berjaya dimana Jabar memiliki industri strategis seperti PT DI, Pindad, Dahana, LEN, Telkom, KAI," ujar Ilham. 

"Harus kita kembangkan industri lainnya, karena itu adalah kunci menuju Indonesia Emas. Jika industri kuat juga bisa menghadirkan lapangan kerja. Tapi tidak berarti sektor lainnya diabaikan," sambung Ilham.

Kata Ilham, dirinya akan intens berkomunikasi dengan Nasdem untuk berupaya mendongkrak potensi elektoralnya, sehingga target yang telah disiapkan bisa segera terkejar.

"Masih ada dua bulan lagi dari sekarang sampai pendaftaran. Jadi masih banyak waktu untuk meningkatkan elektoral. Saya koordinasi terus dengan partai," ucapnya.