Legislator Minta Mendagri Kaji Kembali Semua Sosok Pj Kepala Daerah

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 Juni 2024 21:07 WIB
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus (Foto: Ist)
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus, mengapresiasi kinerja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam memilih hingga mengevaluasi kinerja Penjabat (Pj) kepala daerah. 

Hal itu disampaikan Guspardi dalam rapat kerja Komisi II DPR bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/6/2024). 

"Evaluasi yang Bapak berikan itu sudah kami lihat, begitu juga persentase jumlah dan lain sebagainya, bisa dilihat sangat luar biasa," kata Guspardi di ruang rapat Komisi II. 

Sebab itu, Guspardi memuji proses pemilihan Pj kepala daerah yang dilakukan Kemendagri kerena memiliki rentetan proses yang baik. 

"Kemudian juga bagaimana proses penetapan pemilihan para Pj tadi juga bapak sampaikan supaya lebih demokratis, supaya lebih transparan, ada unsur-unsur bagaimana supaya orang-orang yang ditunjuk itu presentasinya adalah merupakan wakil dari masyarakat," ujarnya. 

Kendati begitu, Guspardi tetap meminta Kemendagri kembali mengkaji kinerja hingga latar belakang seluruh Pj kepala daerah yang jumlahnya saat ini mencapai 271 Pj kepala daerah. 

"Pada hari ini, tentu saya meminta kepada pemerintah agar dilakukan kajian-kajian mendalam terhadap sosok-sosok orang yang sedang menjabat," pungkasnya.