Gerindra Bidik Ridwan Kamil untuk Pilgub Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 11 Juni 2024 17:15 WIB
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: Ist)
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa saat ini partainya tengah mempertimbangkan nama Ridwan Kamil untuk diusung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta. 

Menurutnya sosok mantan gubernur Jawa Barat (Jabar) itu akan menjadi lawan yang sepadan apabila mantan gubernur Jakarta Anies Baswedan kembali maju pada Pilkada Jakarta 2024 melalui PKS maupun PDIP. 

"Soal DKI, pada saat ini memang partai Gerindra dan beberapa partai koalisi sedang menggodok beberapa nama termasuk Pak Ridwan Kamil," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). 

Kata Dasco, saat ini Gerindra terus memantau perkembangan hasil survei terhadap nama-nama yang berpotensi untuk dicalonkan pada Pilkada Jakarta. 

"Ini sementara kita lagi melihat survei yang sedang berjalan. Tentunya sampai dengan pendaftaran ini masih fluktuatif dan dinamis," ujarnya. 

Sedangkan untuk Pilgub Jabar, Dasco menegaskan bahwa Gerindra telah menyiapkan sosok kader internal bersama kader Partai Amanat Nasional (PAN) untuk diusung sebagai bakal pasang calon gubernur dan calon wakil gubernur Jabar. 

"Ya pembicaraan-pembicaraan dengan teman-teman koalisi untuk di Jawa Barat memang lebih mengarah ke Dedi Mulyadi dan cawagubnya Pak Bima Arya ya," jelas Dasco. 

Dasco mengaku, alasan partainya enggan untuk mengusung Ridwan Kamil karena mengacu faktor-faktor prioritas kader internal. 

"Sebenarnya bukan perbedaan pendapat, ini kan itung-itungan mana yang lebih prioritas, maju di mana kemudian untuk meraih kemenangan," ujarnya. 

"Jadi itung-itungannya itu begitu dan sudah dirembuk sebenarnya dengan teman-teman dari partai koalisi Indonesia maju," tambahnya menegaskan.