Banyak Program Kerja Gagal Tercapai, Komisi XI Apresiasi Kejujuran Menteri PPN

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 Juni 2024 11:50 WIB
Komisi XI Gelar Rapat Kerja dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas (Foto: MI/Dhanis)
Komisi XI Gelar Rapat Kerja dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Komisi XI DPR RI menggelar rapat kerja (raker) dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024). 

Pada pemaparannya dalam raker tersebut, Suharso mengakui banyak program kerja dan target pemerintahan di Kementeriannya yang belum tercapai. 

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PKS, Anis Byarwati mengapresiasi kejujuran dari Menteri PPN itu. 

"Sampai tahun 2004 ini banyak sasarannya belum bisa kita capai, banyak sekali itu dan saya sangat senang Pak Menteri itu mau mengakui itu," katanya di ruang rapat Komisi XI. 

Anis mengakui bahwa memang tidak mudah untuk menurunkan tingkat kemiskinan dan target rasio.

"IPM belum tercapai, tingkat kemiskinan belum tercapai, termasuk rasio pajak juga belum tercapai, pengangguran terbuka juga belum jadi RPJMN 2024,itu belum tercapai," ucapnya. 

Untuk itu, menurutnya penting bagi Kementerian PPN untuk mengevaluasi semua program kerja dan target yang tidak tercapai sebagai bisa diantisipasi pada di periode 2025-2029.

"Kan ini harus jadi catatan penting yang ini bagaimana evaluasi yang kemarin itu sehingga untuk di 2025-2029 ini base lainnya itu berarti kan harus lebih lebih, karena tidak tercapai," pungkasnya. 

Adapun agenda raker itu membahas tentang Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) kementerian PPN/Bappenas tahun 2025.