PKB: Jika Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jabar, Kami Buat Poros Tandingan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 Juni 2024 21:28 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB, Syaiful Huda (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB, Syaiful Huda (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - DPP Partai Kebangkitan Bangsa memastikan tidak akan mengusung nama mantan gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) sebagai calon gubernur (Cagub) pada Pilkada Jabar 2024.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda, menegaskan akan membuat poros baru jika RK kembali diusung oleh Golkar pada Pilgub Jabar. 

"Kalau kang Ridwan Kamil maju di Jabar, kami akan bikin poros di luar kang Ridwan Kamil, kan gitu," kata Huda di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (13/6/2024). 

Huda mengungkapkan, sampai sejauh ini DPP PKB tak pernah membahas ataupun melakukan komunikasi kepada partai politik lain untuk mengusung RK. 

"Kami belum ada obrolan sama sekali menyangkut soal sosok kang RK, tapi yang sudah ada obrolan malah di (DPW) Jabar," ujarnya. 

Pasalnya kata Huda, PKB sudah berkomitmen akan menyiapkan lawan bagi RK di Pilkada Jabar, jika RK nantinya diusung untuk maju kembali oleh parpol lain. 

"Loh kita kan sudah lama, sudah kita sampaikan gitu, kita akan bikin poros di luar kang Ridwan Kamil," jelasnya. 

Huda memastikan, bahwa PKB akan membuat alternatif pilihan lebih dari 2 poros pada Pilkada Jabar. 

Lebih lanjut, meski sudah menegaskan tak akan mengusung RK, PKB kata Huda siap mempertimbangkan sosok putra presiden RI ke-3 yakni Ilham Habibie yang telah diusung oleh Nasdem untuk maju pada Pilgub Jabar. 

"Poinnya PKB punya kepentingan untuk bikin lebih dari dua poros. Kalau mas Ilham Habibie menjadi bagian dari poros dalam rangka membentuk lebih dari dua poros ya kita jadikan opsi," pungkasnya.