Demokrat Sodorkan Nama Ketua DPD Jakarta Jadi Cawagub di Pilgub Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 14 Juni 2024 16:19 WIB
Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono (Foto: Demokrat)
Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono (Foto: Demokrat)

Jakarta, MI - Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, mengatakan partainya akan mendorong nama Ketua DPD Demokrat DKI Mujiyono sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta di Pilkada 2024.

Menurutnya sosok Mujiyono memiliki potensi untuk menjadi cawagub mengingat pengalamannya yang pernah menjadi anggota legislatif di DPRD DKI selama tiga periode dari Partai Demokrat.

"Beliau ini berpengalaman di Komisi A yang terkait dengan pemerintahan, sering juga misalnya berdiskusi dengan gubernur," kata Herzaky kepada wartawan, dikutip Jumat (14/6/2024). 

Herzaky menilai, sejak era gubernur Fauzi Bowo hingga Anies Baswedan memimpin Jakarta, Mujiyono telah membuktikan dirinya sudah bekerja dengan sangat baik di DPRD DKI. 

"Siapapun gubernurnya selama ini, dalam konteks bagaimana pengelolaan pemerintahan di Jakarta, termasuk dalam penganggaran," ujarnya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan, Demokrat sudah melakukan pembahasan dengan parpol lain, terkhusus kepada parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mempertimbangkan nama Mujiyono.

Selain itu menurut dia, keputusan untuk mendorong kader internal sebagai Cawagub DKI merupakan hal yang realistis.

"Kita harus mawas dirilah, sadar diri, dan juga rasional, bahwa hari ini kursi kami hanya delapan, persyaratannya saja kan di atas 20," katanya.

"Paling pas posisi untuk Demokrat adalah sebagai pengusung calon wakil gubernur," tambahnya menjelaskan.