DKPP Minta KPU Jaga Integritas di Level Tertinggi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 15 Juni 2024 11:14 WIB
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Heddy Lugito (Foto: DKPP)
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Heddy Lugito (Foto: DKPP)

Jakarta, MI - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito, mengatakan pemilu akan berjalan dengan demokratis jika seluruh peserta pemilihan umum (Pemilu) itu taat peraturan.

Hal itu disampaikan Heddy pada Bimbingan Teknis Penanganan Pelanggaran Kode Etik Badan Ad Hoc Pilkada Tahun 2024 di Manado, Jumat (14/6/2024). 

"Faktanya bapak-ibu tahu, gonjang-ganjing kepemiluan itu lebih banyak bukan pada penyelenggaranya," kata Heddy. 

Tetapi kata dia, karena banyaknya peserta pemilu yang tidak taat pada aturan dan kerap mencoba melakukan interaksi kepada penyelenggara pemilu yang semestinya itu tak dilakukan. 

"Karena peserta tidak taat aturan itu berinteraksi dengan para penyelenggara," ucapnya. 

Sebab itu, menurut dia, kalau integritas penyelenggara negara itu lembek, hasil pemilu kualitasnya pun akan menjadi turun.

"Oleh karena itu saya selalu berpesan terhadap teman-teman sekalian penyelenggara pemilu utamanya yang KPU memiliki kualitas integritas di level tertinggi, tidak bisa kurang sedikit pun," katanya.

Untuk itu, ia berharap, penyelenggara pemilu, KPU, tetap menjaga keutuhan pribadi tidak terpengaruh oleh yang berpengaruh dan yang mempengaruhi.

"Siapa pun yang berpengaruh, siapa pun yang mempengaruhi tetaplah pribadi yang utuh, tidak terpengaruh, hanya berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan dan kode etik penyelenggara pemilu," tukasnya.

Topik:

DKPP KPU Pilkada