RDPU Komisi X DPR, Nama Anies Baswedan Diungkit Saat Jadi Rektor

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 20 Juni 2024 13:23 WIB
Anies Baswedan (Foto: MI/Dhanis)
Anies Baswedan (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Rektor Universitas Paramadina Didik J. Rachbini mengungkapkan bahwa dirinya adalah orang yang mengangkat Anies Baswedan menjadi Rektor Universitas Paramdina saat sebelum diangkat menjadi Menteri Pendidikan oleh Presiden Joko Widodo. 

Hal itu disampaikannya, pada awal pemaparannya di Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panja Pembiayaan Pendidikan, di Komisi X DPR, Kamis (20/6/2024).

"Pengalaman saya sebagai dekan, rektor bahkan saya menjadi wali amanat dan ketua yayasan. Jadi yang mengangkat Anies Baswedan itu tanda tangan saya," ungkapnya. 

Menurutnya tanpa tanda tangan dirinya Anies tak mungkin menjadi seperti Anies yang sekarang, pernah menjabat Mendikbud, Gubernur Jakarta, hingga menjadi capres pada Pilpres 2024.

"Kalau saya tidak ada tanda tangan mungkin nasibnya beda, mungkin ini kan takdir ya," ucapnya 

Lebih lanjut, Didik mengucapakan terima kasih kepada Komisi X DPR yang telah mengundang dirinya dalam untuk meminta pandangannya terkait pendidikan. 

Adapun, agenda dalam RDP ini yaitu mendengarkan pandangan dan masukan mengenai implementasi alokasi anggaran fungsi pendidikan 20 persen APBN (2019-2024) untuk pembiayaan pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi.

Kemudian, pandangan dan evaluasi implementasi pembiayaan pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi (UKT, BOS PAUD, BOS, PIP, KIP, BOPTN lain-lain).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, yang juga di dampingi pimpinan Komisi X DPR lainnya, Abdul Fikri Faqih.