Bantah Jokowi Sodorkan Namanya di Pilgub Jakarta, Kaesang ke PKS: Cara Seperti Itu Tidak Baik, Ini Kebohongan Publik!

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 28 Juni 2024 10:18 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep [Foto: MI/Dhanis]
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep [Foto: MI/Dhanis]

Jakarta, MI - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep merespons pernyataan Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi, yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyodorkan namanya untuk mengamankan kursi di Pilkada Jakarta 2024.

Kaesang mengatakan, Aboe tidak berbicara secara fakta dan merupakan kebohongan publik.

"Pak Sekjen PKS tidak bicara sesuai fakta. Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai," kata Kaesang dikutip Jumat (28/6/2024).

"Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi. Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik" sambungnya.

Kewenangan mencalonkan itu, kata dia, berada di Ketua-ketua Umum Partai. Ia beranggapan bahwa, pernyataan Aboe mungkin hendak menutup pintu koalisi dengan PSI.

"PSI kan punya kursi di Jakarta, lumayan ada 8 kursi. Banyak juga partai yang menyodor-nyodorkan jagoannya agar didukung PSI," ujar Kaesang.

Lebih lanjut, Kaesang menegaskan kompetisi Pilkada sebaiknya dijauhkan dari penyebaran berita bohong, yang dapat merugikan masyarakat.

"Terlebih lagi akan merugikan pihak yang suka menyebar berita bohong seperti itu. Masayarakat kita sudah cerdas," jelasnya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Habsyi mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyodorkan nama Kaesang, yang merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kepada partai-partai politik untuk diusung dalam Pilkada Jakarta.

Kaesang diisukan ingin dipasangkan dengan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Sudah-sudah sudah nyodorkan. Sudah nyodorkan, kita lihat saja," kata Habib Aboe Bakar kepada wartawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).