Usung HDCU di Pilgub Sumsel, Nasdem Optimis Menang Siapapun Lawannya

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 28 Juni 2024 11:50 WIB
Ketua Bappilu Partai Nasdem Teritorial Sumatera III, Fauzi Amro (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Bappilu Partai Nasdem Teritorial Sumatera III, Fauzi Amro (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Partai Nasdem resmi mengusung Ketua DPW Nasdem Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru untuk berpasangan dengan Cik Ujang di Pilgub Sumsel 2024.

Ketua Bappilu Teritorial Sumatera III Fauzi Amro, menyebut sosok Herman Deru yang juga petahana gubernur Sumsel itu merupakan sosok yang paling tepat untuk kembali memimpin Sumsel. 

"Pilgub Sumsel kita mendukung Herman Deru, sudah final kok. Sebagai Ketua DPW dan dia merupakan incumbent mantan gubernur Sumatera Selatan," kata Fauzi kepada Monitorindonesia.com Jumat (28/6/2024). 

Adapun, pasangan Herman Deru-Cik Ujang (HDCU) saat ini diusung oleh 3 kekuatan partai politik yang diantaranya adalah Nasdem, PKS dan Demokrat. 

Kata Fauzi, prinsip Nasdem untuk mengusung seorang calon kepala daerah di Pilkada 2024 harus dilihat dari hasil survei tinggi atau tidaknya, jika dirasa tinggi kemudian 'play to win' (main dan harus menang).

"Orang itu kan kalau mau tanding, ilmu pilpres, ilmu pileg, ilmu pilkada itu kan survei ya. Kalau memang survei Herman Deru di angka 77, yang lainnya 12, 10, ya sama aja menabur garam di dilautan seperti itu," ujarnya. 

Sedangkan pada Pilgub Sumsel 2024 beredar kabar bahwa pasangan HDCU akan menghadapi kotak kosong. 

Menurut Fauzi, tak masalah jika memang harus melawan kotak kosong ataupun akan ada berapa poros pasangan calon nantinya. 

"Ya kita lihat perkembangannya ke depan lah. Kalau sekarang kita kan belum tau belum melihat 1 poros, 2 poros, 3 poros," ucapnya. 

Sebab kata Fauzi, Nasdem sangat optimis bahwa pasangan HDCU akan meraih kemenangan di Pilgub Sumsel mengingat hasil surveinya yang mencapai 77 persen. 

"Kalau kita optimis ya pak Herman Deru mau 2 calon maupun 3 calon, dia unggul dari calon-calon lainnya," demikian Fauzi.