PDIP-PKB Semakin Dekat Jalin Kerjasama untuk Pilgub Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 1 Juli 2024 18:30 WIB
Kolase Bendera PDIP dan PKB (Foto: Dok MI)
Kolase Bendera PDIP dan PKB (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah, menyebut adanya kemungkinan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta akan diikuti oleh 3 poros pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub). 

"Kalau dua calon itu memang sejak awal gagasan itu. Tapi kan kemudian konstelasinya kan harus dilihat," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024). 

"Ini bukan soal poros baru, poros lama, ini biasa saja di dalam Pilkada itu," tambahnya. 

Said juga mengatakan, saat ini PDIP, PKB dan partai politik lainnya tengah intens menjalin komunikasi untuk membahas Pilkada Jakarta. 

"PDI Perjuangan, PKB, dan partai lain bahkan kami masih terus menerus lakukan pembicaraan karena memang semakin banyak teman semakin baik," ujarnya. 

Bahkan Said mengakui, bahwa dirinya pada Kamis (30/5) lalu, telah menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk membicarakan Pilkada Jakarta dan Jawa Timur soal siapa yang akan menjadi cagub dan cawagub. 

"Apakah kami orang pertama atau PKB orang pertama pembicaraannya masih berlanjut semua," ungkapnya. 

Menurut Said, Jakarta meski tak lagi menyandang status ibu kota negara, tetapi kepemimpinan di Jakarta harus mengedepankan kebhinekaan yang salah satunya dengan banyak berkoalisi kepada partai politik lainnya. 

"Karena Jakarta itu tingkat kebhinekaannya juga tinggi maka lebih baik banyak kerja sama dengan partai politik," ucapnya. (DI)