Ternyata Ini Alasan Gerindra Tak Lanjutkan Koalisi dengan Golkar di Pilgub Banten

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 4 Juli 2024 11:55 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, mengungkap alasan partainya tak berkoalisi dengan Partai Golkar pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Banten 2024.

Menurutnya, Gerindra sudah mencoba menawarkan kader internalnya kepada Golkar untuk menyandingkan Andra Soni sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub) untuk Airin Rachmi Diany, tetapi kemudian ditolak oleh Golkar. 

"Ya saya pikir kita sudah mendapatkan info bahwa tidak berkenan kan, pak Andra Soni jadi wagub di sana, begitu. Pihak sana ga berkenan," ungkap Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/7/2024). 

Atas dasar penolakan itu kata Habiburokhman, Gerindra tak bisa memaksakan lebih keras lagi agar duet pasangan ini bisa terwujud di Pilgub Banten. 

"Fakta yang tak bisa dipungkiri bahwa setiap daerah memiliki karakteristik masing-masing, persoalan masing-masing. Nah dalam situasi ini kita ga bisa saling paksa juga. Tak bisa saling sandera juga," ujarnya. 

Untuk itu, kata Habiburokhman, Gerindra bersama dengan beberapa partai politik lainnya memutuskan untuk mengusung nama Ketua DPRD Banten Andra Soni bersama Dimyati Natakusumah sebagai bakal pasang cagub-cawagub Banten di Pilkada 2024.

"Kalau khusus untuk Banten, ya kalau memang kader kami ga layak jadi cawagubnya Bu Airin ya gapapa juga. Sementara di grassroot kepercayaan diri kader kami sangat tinggi," pungkasnya. 

Sebagaimana diketahui, Partai Gerindra secara resmi telah mendeklarasikan pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah, sebagai pasangan bakal cagub dan cawagub Banten di Pilkada 2024.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah memberikan surat rekomendasi kepada Andra-Dimyati untuk melaju di Pilgub Banten 2024.

"Calon gubernurnya saudara Andra Soni dengan wakil gubernur saudara Dimyati Natakusumah," ujar Muzani dalam acara deklarasi tersebut di Hotel Trembesi, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (30/6/2024).

Adapun pasangan ini akan didukung oleh kekuatan 7 partai politik yang diantaranya adalah Gerindra, PKS, PAN, Nasdem, PSI, PPP dan Demokrat.