Menko Polhukam Minta KPU Netral dan Adil di Pilkada 2024

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 9 Juli 2024 11:21 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto [Foto: Repro]
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU), bersikap adil dan netral dalam pilkada 2024.

"Harus on the track, ada tugas dan fungsi kewenangannya dan harus juga bertindak netral dan berintegritas serta menjamin hak pilihnya setiap masyarakat," kata Hadi, Selasa (9/7/2024).

Tidak hanya KPU saja, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) juga diminta Hadi, agar bersikap netral selama pilkada 2024.

Menurut Hadi, lembaga tersebut memiliki peran sentral dalam memfasilitasi masyarakat, yang ingin memanfaatkan hak pilihnya.

Lembaga-lembaga independen ini, lanjut Hadi, juga memiliki hak dan wewenang dalam menjalankan peraturan pemilu, sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Hal tersebut membuat KPU harus independen, demi terciptanya iklim demokrasi yang sehat dalam pemilu. Hadi juga meminta kepada Bawaslu dan DKPP, agar dapat melakukan pengawasan ketat terhadap KPU dan seluruh peserta pemilu.

Dengan bersinerginya lembaga-lembaga KPU, Bawaslu dan DKPP, Hadi yakin pilkada tahun ini akan berjalan dengan aman dan lancar.

"Kita harus dapat mewujudkan bahwa pilkada aman dan damai dengan menjaga stabilitas politik hukum dan keamanan," tandasnya.