Meski Ditinggal Gerindra dan KIM, Airin Masih Terlalu Kuat di Pilkada Banten

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 Juli 2024 12:00 WIB
Calon Gubernur Banten dari Partai Golkar, Airin Rachmi Diany (Foto: Dok MI)
Calon Gubernur Banten dari Partai Golkar, Airin Rachmi Diany (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Direktur Eksekutif Sentral Politika Subiran Paridamos, menilai akan sangat sulit bagi lawan politik Partai Golkar untuk mengganjal langkah kader internalnya Airin Rachmi Diany maju di Pilkada Banten 2024.

Kata Biran, meskipun partai-partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) meninggalkan Golkar seorang diri dengan mengusung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah sebagai pasangan cagub-cawagub di Pilgub Banten 2024.

Menurut Biran, Airin masih terlalu kuat untuk dikalahkan di Banten, mengingat faktor elektoral yang sangat kuat dan memiliki basis akar rumput yang kuat. 

"Airin merupakan tokoh yang cukup kuat dan mengakar secara elektoral, dan yang tidak kalah penting Airin tidak hanya kuat di basis bawah, tetapi juga memiliki trah darah biru dalam lanskap politik Banten, di mana keluarga politik Airin selama ini dikenal sebagai penguasa politik di Banten," kata Biran kepada Monitorindonesia.com Rabu (10/7/2024). 

Apalagi kata Biran, Airin terbilang berhasil selama menjabat sebagai wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) selama 2 periode kepemimpinannya. 

Selain itu, kata Biran, Ketua Bidang Perempuan di DPP Partai Golkar itu juga memiliki jejaring yang kuat, sehingga sangat sulit bagi lawan politik untuk mengalahkan Airin di Banten. 

"Selain sudah punya pengalaman menjadi wali kota Tangsel 2 periode, Airin juga secara organisasi politik merupakan ketua perempuan Golkar, artinya jejaring kepartaian juga kuat dan mengakar alias kader militan partai," ujar penulis buku Negara Katanya itu.

Oleh karena itu, meskipun Gerindra merangkul banyak partai untuk berkoalisi melawan Airin, tentu tidak akan mudah untuk menumbangkan dinasti politik di Banten dan kekuatan elektoral Airin di Banten. 

"Apalagi lawannya adalah Airin yang bukan hanya bermodalkan politik dinasti, tetapi memang Airin dinilai publik Banten cukup berhasil selama menjadi wali kota Tangsel dan memang tidak bisa dipungkiri Airin memiliki kualitas dan integritas yang baik selama menjadi pemimpin," pungkasnya.