Gerindra-PKS Resmi Usung Mahyeldi-Vasco di Pilgub Sumbar 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 12 Juli 2024 19:12 WIB
Gerindra-PKS Sepakat Usung Mahyeldi-Vasco di Pilgub Sumbar 2024 (Foto: PKS)
Gerindra-PKS Sepakat Usung Mahyeldi-Vasco di Pilgub Sumbar 2024 (Foto: PKS)

Jakarta, MI - Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung duet Mahyeldi dan Vasco Ruseimy sebagai pasangan cagub-cawagub di Pilkada Sumatera Barat (Sumbar) 2024.

Dalam salinan surat yang diterima pada, Jumat (12/7/2024), penetapan duet Mahyeldi-Vasco itu tercantum dalam surat bernomor 07-1005/Rekom/DPP-GERINDRA/2024 tertanggal 11 Juli 2024 yang ditandatangani Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani.

Dalam surat tersebut, Partai Gerindra menugaskan pasangan Mahyeldi-Vasco untuk berkoordinasi dengan pengurus di daerah untuk menyusun program pemenangan di Sumbar.

Kemudian, pasangan Mahyeldi-Vasco juga diminta untuk melengkapi koalisi guna memenuhi persyaratan 20 persen untuk mendaftarkan diri ke KPU.

Jika dinilai tidak mampu memenuhi kelengkapan koalisi hingga batas waktu tertentu, Partai Gerindra akan melakukan evaluasi terhadap penugasan atau rekomendasi tersebut.

Penetapan pasangan Mahyeldi-Vasco juga tercantum surat DPP PKS dengan Nomor 628.3.C-1/Sekp/DPP-PKS/2024 tertanggal 4 Juli 2024 yang ditandatangani Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Jenderal Aboe Bakar Alhabsyi.

DPP PKS memerintahkan pengurus partai di tingkat provinsi untuk mendaftarkan pasangan Mahyeldi-Vasco ke KPU.

Sekretaris DPW PKS Sumbar Rahmat Saleh, membenarkan SK yang terbitkan oleh DPP PKS tersebut soal perihal pencalonan tersebut. 

Ia mengatakan penerbitan SK itu melalui proses yang panjang. DPW PKS Sumbar mengajukan empat kandidat yaitu Audy Joinaldy, Sutan Riska, Fadly Amran dan Vasko Ruseimy.

"Setelah pembahasan, DPP memutuskan pasangan Mahyeldi-Vasko Ruseimy. Ini di luar kewenangan DPW. Posisi kita hanya mengajukan nama untuk dibahas DPP," katanya saat dihubungi di Padang, Jumat (12/7/2024). 

Ia menyebut keputusan DPP itu berdasarkan pertimbangan politik nasional dan visi misi Sumbar ke depan. Selain itu, DPP PKS kata dia, menilai bahwa yang paling pantas berpasangan saat ini di Pilgub Sumbar 2024 adalah Mahyeldi-Vasko Ruseimy.