Gibran Rakabuming Mundur dari Wali Kota Solo

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Juli 2024 4 jam yang lalu
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka

Solo, MI - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mantap meletakkan jabatannya, sebagai Wali Kota Solo.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Teguh Prakosa. Ia mengatakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, akan mengirimkan surat pengunduran dirinya ke DPRD Kota Solo, Selasa (16/7/2024) siang.

“Hari ini (Selasa) pukul 14.00 WIB saya akan mengantar Mas Gibran ke DPRD Kota Solo, mengantar surat pengunduran diri sebagai wali kota Solo,” kata Teguh di Solo Techno Park (STP), Selasa (16/7/2024).

Namun, Teguh enggan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai teknis pengunduran diri Gibran. Menurutnya, hal tersebut kewenangan DPRD Kota Solo, untuk tahapan proses selanjutnya.

Di sisi lain, politisi PDIP itu mengaku sebelum Gibran menyampaikan niatan mundur sebagai wali kota Solo, keduanya sudah mengomunikasikan sejumlah hal, seperti  kelanjutan pemanfaatan dana hibah dari Pemerintah Uni Emirat Arab atau UEA yang diterima Pemerintah Kota Solo.

“Mas Gibran bilang mau mundur, jadi sisanya diserahkan ke saya untuk mengawal agar dana hibah ini sesuai dengan peruntukannya. Baik yang sudah turun dananya maupun yang sudah berjalan,” ujarnya.

Hal-hal yang termasuk anggaran dalam Pemerintahan Kota (Pemkot) Solo, seperti APBD Perubahan 2024, APBD 2025 serta termasuk rencana pembangunan jangka menengah daerah Solo.

“Sudah sering kami komunikasikan. Intinya bagaimana agar pemerintahan tetap berjalan,” jelasnya.

Sebelumnya, beredar kabar mengenai mundurnya Gibran sebagai wali kota Solo. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Murtono mengaku pihaknya diminta oleh Gibran untuk berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk prosedur pengunduran diri sebagai wali kota Solo, pada Jumat (12/7/2024).

“Hasil konsultasi sudah saya sampaikan ke Pak Wali tetapi sampai saat ini belum ada arahan lebih lanjut,” kata Budi.