Golkar: Keputusan Jusuf Hamka jadi Cawagub Tergantung Kaesang

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 16 Juli 2024 1 jam yang lalu
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan maju atau tidaknya Jusuf Hamka menjadi calon wakil gubernur Jakarta ditentukan oleh langkah politik Kaesang Pangarep.

"Jadi pak Yusuf Hamka disiapkan untuk jadi wakil gubernur dan ini apa bila mas Kaesang itu memutuskan untuk maju di Jakarta, mas Kaesang sendiri kan ada opsi (jadi calon gubernur) di Jakarta atau di Jawa Tengah," ujar Airlangga saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2024).

Menurut Airlangga, Yusuf Hamka merupakan orang yang tepat untuk mendampingi Ketua Umum PSI itu, lantaran memiliki pengalaman dalam pembangunan infrastruktur. Sosok tersebut dinilai Airlangga tepat untuk membenahi Jakarta dari segi pembangunan dan tata kota. Selain itu, sosok Jusuf Hamka juga dinilai telah dikenal banyak masyarakat sehingga dianggap dapat mendulang suara dalam pilkada nanti.

Namun demikian, Airlangga tidak menutup kemungkinan adanya perubahan rencana dibalik pencalonan duet Kaesang Pangarep dan Jusuf Hamka. "Keputusan tentu masih satu bulan lagi kita masih punya waktu karena keputusan kan 27 Agustus nanti jadi masih ada waktu untuk mempersiapkan," ungkap Airlangga.

Hingga saat ini, dia memastikan komunikasi antara Golkar dan PSI terkait rencana pencalonan Kaesang Pangarep dan Jusuf Hamka masih berlangsung.