Yang Harus Mundur Itu Menkominfo Budi Arie Setiadi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 17 Juli 2024 52 menit dari sekarang
Menkominfo, Budi Arie Setiadi (Foto: Dok MI)
Menkominfo, Budi Arie Setiadi (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memutuskan mengundurkan diri sebagai kepala daerah selang beberapa bulan terpilih jadi Wakil Presiden. Gibran menyerahkan surat pengunduran diri ke pimpinan DPRD Solo pada Selasa (16/7/2024).

Terkait hal itu, Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus turut mempertanyakan keputusan itu. “Ya terus sekarang mundur mau ngapain? Tuntaskanlah,” kata Deddy pada wartawan, Selasa (16/7/2024).

Deddy justru menilai yang lebih pantas mundur dari jabatan adalah Menkominfo Budi Arie sebab terbukti bermasalah. Oleh karena itu, dia mempertanyakan apakah Gibran juga memiliki masalah di Solo sehingga memutuskan mundur. “Kalau yang harus mundur tuh ya Menkominfo gitu loh kerja enggak bener gitu kan? Itu pantaslah mundur. Kecuali ada masalah gitu loh,” ungkapnya.

Deddy juga mengaku heran dengan heran dengan keputusan Gibran mundur saat sudah menang Pilpres, bukan saat kampanye. “Menurut saya aneh kalau dia mundur sekarang. Karena harusnya dia mundur kan sebaiknya waktu masuk masa kampanye dong. Ya, harusnya, menurut saya etikanya harusnya ada di sana,” kata Deddy.

Menurut Deddy tak ada hal urgent yang membuat Gibran harus mundur. Ia menilai seharusnya Gibran menuntaskan janji dengan rakyat Solo terlebih dahulu.

“Toh enggak ada yang urgent sehingga beliau harus mundur kan. Iya, harusnya janji sama rakyat tuh diberesin dulu lah orang tinggal berapa bulan juga. Keputusan yang sangat aneh dan patut dipertanyakan apa sih motifnya gitu,” pungkas Deddy.