Rapat Perdana Pansus Angket Haji DPR Ditunda, Kenapa?

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 Juli 2024 2 jam yang lalu
Anggota Pansus Angket Haji, Wisnu Wijaya (Foto: Ist)
Anggota Pansus Angket Haji, Wisnu Wijaya (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Rapat perdana panitia khusus (pansus) angket pelaksanaan ibadah haji 2024 yang rencananya digelar pada hari ini, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2024) mendadak ditunda.

Kabar itu dibenarkan oleh Anggota Pansus Angket Haji, Wisnu Wijaya, mengatakan bahwa seharusnya rapat pansus digelar pada pukul 13.00 WIB hari ini yang nantinya akan dihadiri oleh pimpinan DPR RI.

Padahal kata Wisnu, banyak dari para anggota pansus yang sudah berada di Jakarta dari daerah pemilihan (dapil) mereka masing-masing. 

"Di mana rapat ini karena ini perdana harus dihadiri oleh pimpinan DPR RI. Kami pun para anggota pansus yang sudah ditunjuk itu sudah bergerak menuju Jakarta di dapil kami masing-masing karena ada rangkaian kunker juga kemarin di beberapa wilayah dan daerah dengan semangat kami sudah menghadiri undangan rapat hari ini jam 1," kata Wisnu saat dikonfirmasi, Rabu (17/7/2024).

Namun kata Wisnu, para anggota pansus angket tiba-tiba dikabarkan adanya penundaan rapat perdana. Kendati begitu, kata dia, tidak dijelaskan sampai kapan waktu penundaan tersebut.

"Kemarin sore menjelang petang itu ada informasi terkait penundaan, sampai kapan kami juga bertanya kepada sekjen yang mengatur agenda tersebut itu sampai waktu yang nanti diinformasikan kembali," ungkapnya.

Politikus PKS ini pun tidak mau berburuk sangka mengenai siapa yang meminta penundaan rapat tersebut. Hanya saja, dia menduga penundaan ini karena pimpinan DPR masih belum bisa hadir.

"Husnudzon kami karena mungkin pimpinan DPR hari ini belum bisa hadir, kami akan stand by disini untuk kemudian mempersiapkan apa saja hal-hal pembahasan yang nanti akan dilaksanakan di acara pansus tersebut," pungkasnya.