NasDem-PKS Masih Alot untuk Usung Ilham Habibie di Pilgub Jabar 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 18 Juli 2024 4 jam yang lalu
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kiri) menerima kunjungan Ilham Habibie (kanan) di Kantor DPP PKS (Foto: Antara)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kiri) menerima kunjungan Ilham Habibie (kanan) di Kantor DPP PKS (Foto: Antara)

Jakarta, MI - DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut baik kedatangan bakal calon gubernur Jawa Barat (Jabar) yang diusung Partai Nasdem, Ilham Habibie ke Markas PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024). 

Kedatangan Putra Sulung Presiden RI Ke-3 BJ Habibie itu didampingi Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim yang menyodorkan nama Ilham untuk diusung bersma dengan NasDem di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

"Saya menyambut baik dari teman-teman partai NasDem yang terus berupaya ingin mencari sosok-sosok pemimpin untuk negeri kita termasuk yang disiapkan di Pilkada Jabar," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu. 

Syaikhu menjelaskan, bahwa beberapa hal yang menjadi kesepakatan yakni mengenai pengembangan sumber daya manusia untuk menuju Indonesia Emas 2045. 

Namun, terkait dukungan kepada Ilham di Pilkada Jawa Barat kata Syaikhu, PKS masih belum memutuskan untuk mendukungnya. 

"Mudah-mudahan, insya Allah ada titik-titik temu untuk membangun kebersamaan di antara PKS dan Nasdem, baik di Jabar maupun di Jakarta," kata Syaikhu 

Sementara itu, Sekjen NasDem mengatakan, pada pertemuan tersebut dibahas sejumlah potensi kesepakatan politik untuk Pilkada Jabar antara NasDem dan PKS. 

"Tadi kita bicara Jawa Barat, mengapa Jawa Barat menjadi atensi kita, mengapa Jawa Barat jadi pilihan Kang Ilham dalam membenahi Indonesia menuju Indonesia Emas," kata Hermawi saat konferensi pers usai pertemuan.

Dia mengatakan bahwa Jawa Barat merupakan provinsi terbesar yang memiliki sumber daya yang besar. Dalam hal ini, menurutnya kunjungan itu dilakukan untuk saling melengkapi dalam menghadapi Pilkada 2024.

"PKS meskipun banyak kursi di Jawa Barat, ini tidak cukup, apalagi NasDem yang cuma 8 kursi. Jadi kalau kita bisa ulangi kisah sukses koalisi di 01 (Pilpres), kenapa tidak," ucap dia.

Sedangkan bakal cagub, Ilham Habibie juga mengatakan bahwa Jabar merupakan salah satu provinsi terpenting untuk Indonesia. Sehingga menurutnya Jawa Barat bakal memiliki peran penting untuk menyongsong visi Indonesia Emas tersebut.

"Bagaimana mencapainya? Kita lihat saja contoh negara lainnya di Asia, misalnya Jepang, Korea, dalam 30 tahun terakhir ini Tiongkok. Waktu 90-an Tiongkok itu masih ada di bawah kita, tapi sekarang kok bisa maju? Kuncinya adalah di sumber daya-nya," kata Ilham.