Bawaslu Pastikan Tetap Konsisten Tindaklanjuti Laporan Meski Indeks Kerawanan Pilkada Belum Dirilis

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 18 Juli 2024 6 jam yang lalu
Anggota Bawaslu RI, Puadi (Foto: MI/Dhanis)
Anggota Bawaslu RI, Puadi (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Anggota Bawaslu RI, Puadi, mengatakan Indeks Kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 akan segera dirilis setelah pihaknya menggelar rapat koordinasi dengan KPU. 

Kata Puadi, tak perlu khawatir dengan belum dirlisnya Indeks Kerawanan Pilkada atau IKP, sebab ia menjamin jajarannya di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota akan tetap konsisten, khususnya terkait dugaan pelanggaran di tahapan yang kini tengah berjalan.

"Bawaslu tetap konsisten untuk menindaklanjuti laporan, kalau memenuhi persyaratan formil dan materiil," ujar Puadi kepada wartawan, Kamis (18/7/2024).

Sebagai contoh kata Puadi, terkait ditemukannya joki Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) oleh Bawaslu DKI Jakarta yang saat ini tengah dilakukan penelusuran lebih dalam.

Sehingga, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu itu menegaskan, penegakan yang dilakukan oleh jajarannya akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Untuk itu, Puadi memastikan IKP akan segera dirilis dalam waktu dekat karena saat ini masih dalam tahap identifikasi.

"Masih diidentifikasi, dan dalam waktu dekat juga nanti tim pengawasan sedang memetakan peta kerawanan di pilkada ini. IKP dalam waktu dekat (dirilis)," jelas Puadi.