Golkar Instruksikan Jusuf Hamka jadi Bakal Cagub dan Cawagub Jakarta

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 18 Juli 2024 3 jam yang lalu
Jusuf Hamka [Foto: Repro]
Jusuf Hamka [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menginstruksikan salah satu kadernya, Jusuf Hamka, untuk menjadi bakal calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

“Kami telah memberikan surat instruksi kepada Babah Alun atau Pak Jusuf Hamka, yang dikenal sebagai 'bapak jalan tol'," kata Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus, di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

"Tugas yang diberikan kepada beliau adalah sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur,” sambungnya. 

Lodewijk menjelaskan, bahwa Golkar akan memantau elektabilitas Jusuf Hamka dalam waktu dekat. Diketahui bahwa Jusuf Hamka masuk dalam radar Golkar, sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta.

Pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur ini, akan dilakukan pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

“Kami akan melihat survei Babah Alun ini seperti apa. Mudah-mudahan kami memiliki pilihan yang bagus, baik untuk posisi wakil gubernur maupun gubernur daerah khusus Ibu Kota Jakarta,” ucap Lodewijk.

Saat menerima surat instruksi dari Golkar, Jusuf baru saja mendapatkan tugas baru sebagai calon gubernur, setelah sebelumnya ditugaskan sebagai bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.

Saat ditanya oleh awak media siapa yang bisa mendampinginya dalam Pilkada 2024, Jusuf menyebutkan beberapa nama, yaitu Budi Djiwandono, Budiman Sudjatmiko, dan Maruarar Sirait.

“Waduh, ini kepikiran saja belum, baru hari ini. Kalau saya ditugaskan sebagai cagub, ada beberapa nama yang menurut saya bisa menemani saya, yaitu saudara Budi Djiwandono, Budiman Sudjatmiko, atau Maruarar Sirait. Mereka semua cukup baik,” kata Jusuf.

Sebelumnya, pengusaha sekaligus politikus Partai Golkar, Mohammad Jusuf Hamka, mengaku siap jika disandingkan dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta (Pilgub Jakarta) 2024.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Jusuf Hamka kepada awak media saat berkunjung ke kediaman mantan Menko Polhukam Mahfud MD di kawasan Patra Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2024).

Jusuf Hamka menyatakan dirinya siap jika ditugaskan oleh Partai Golkar untuk mendampingi Kaesang, yang juga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, pada Pilgub Jakarta 2024.