PKS Ungkap Alasan Usung Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 18 Juli 2024 3 jam yang lalu
DPP PKS memberikan rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Foto: Antara)
DPP PKS memberikan rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Presiden PKS Ahmad Syaikhu, mengungkapkan alasan partainya memutuskan untuk mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024 karena keduanya selalu sejalan selama memimpin Jatim pada lima tahun ke belakang.

Menurutnya Khofifah-Emil saat memimpin Jatim disebutnya sangat konsisten, sebab keduanya mampu bekerja secara bersinergi hingga membuat program-program berjalan baik. Dengan begitu, usulan dukungan dari pengurus PKS tingkat daerah disetujui di tingkat pusat.

"Tidak terpecah di tengah jalan ya, dan ini yang kita patut apresiasi. Sehingga dengan ini ke depan mudah-mudahan akan terus bisa sinergis," kata Syaikhu usai menggelar seremoni penyerahan dukungan ke Khofifah-Emil di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (18/7/2024). 

Dia mengatakan bahwa contoh sinergitas keduanya perlu dikembangkan di daerah-daerah lainnya agar kepala daerah dan wakilnya bisa sama-sama berjalan beriringan dan berkolaborasi.

Selain itu, menurutnya PKS juga mendukung pasangan petahana tersebut karena melihat adanya program Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren). Selain memihak kepada pesantren, menurutnya program itu juga membuat pondok pesantren memiliki kekuatan ekonomi.

"Kalau dulu di 2018 kita tidak mendukung pasangan Khofifah-Emil, ya ada pertimbangan sendiri. Tapi proses perjalanan kita lihat bahwa kinerja beliau dalam pemerintahan daerah ini bagus," kata dia.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengatakan sejauh ini kerja sama antara pihaknya dengan PKS saat memimpin Jawa Timur cukup intens walaupun partai tersebut tidak mendukungnya di pilkada lalu.

Bahkan, kata dia, Khofifah pun berpesan agar dirinya selalu menyempatkan hadir dalam kegiatan PKS jika Khofifah berhalangan hadir. Untuk itu, dia mengaku termotivasi untuk bersama-sama dengan PKS jika memenangkan Pilkada Jatim.

"Amanah hari ini tentunya menjadi sebuah mandat agar kita berjuang insya Allah memenangkan pilgub yang akan datang," kata Emil.