Anies Respons Soal Syarat Dukungan PAN di Pilgub Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 27 Juli 2024 3 jam yang lalu
Bakal calon gubernur Jakarta, Anies Baswedan (Foto: MI/Dhanis)
Bakal calon gubernur Jakarta, Anies Baswedan (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta Anies Baswedan, mengatakan akan membahas soal syarat yang diajukan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mendukungnya maju pada Pilkada Jakarta 2024.

Kata Anies, terkait keputusan bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya tentu tak dapat dia putuskan sendiri.

Anies mengatakan, bahwa hal itu akan dibahas bersama dengan partai-partai politik yang telah menyatakan mendukungnya, yakni PKS dan NasDem. 

"Terkait dengan pasangan, itu semua tentu akan kita bahas bersama-sama agar bisa menjadi kesepakatan, sehingga pasangan itu memperkuat kebersamaan semua pengusung," kata Anies di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Sabtu (27/7/2024). 

Meski begitu, Anies mengaku berterimakasih kepada PAN yang siap mendukungnya meski mengajukan syarat agar Putri Ketua Umum PAN Zita Anjani menjadi bakal cawagubnya di Pilkada Jakarta. 

"Ya, saya berterima kasih kepada PAN, Pak Zulkifli Hasan atas kepercayaannya, karena ketika itu disampaikan, berarti beliau memberikan kepercayaan," demikian Anies. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, menyatakan partainya siap mengusung Anies Baswedan sebagai bakal cagub pada Pilkada Jakarta dengan syarat bakal cawagubnya harus dari PAN, yakni Ketua DPP PAN Zita Anjani.

"PAN tidak menutup kemungkinan bisa bergabung juga dengan Anies. Tetapi dengan syarat wakilnya dari PAN, Zita Anjani," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Kata Yandri, jika nantinya Anies setuju untuk berdampingan dengan Zita, dia memastikan surat keputusan dari PAN akan langsung diberikan dan segera menggelar deklarasi dukungan kepada Anies-Zita. 

"Intinya kalau PAN, kalau Anies ambil Zita, dalam hitungan jam SK keluar," katanya.

Sebelumnya, Partai NasDem dan PKS telah menyatakan mendukung kepada Anies Baswedan sebagai bakal cagub Jakarta. Sementara PKB juga telah menunjukkan sinyal mendukung mantan calon presiden tersebut, tetapi belum menyampaikan pengumuman secara resmi.