Singgung Anies Tak Kuat Jadi Oposisi, Jubir Menhan Puji Konsistensi Ganjar-Mahfud

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 27 Juli 2024 2 jam yang lalu
Jubir Menhan, Dahnil Amzar Simanjuntak (Foto: Ist/Net/Repro)
Jubir Menhan, Dahnil Amzar Simanjuntak (Foto: Ist/Net/Repro)

Jakarta, MI - Juru bicara (Jubir) Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak, mengaku kagum kepada bekas pasangan capres-cawapres nomor urut 3 di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

Menurutnya, kedua sosok tersebut sejauh ini dinilai konsisten dengan ucapan dan perbuatannya terkait sikapnya yang akan menjadi oposisi pada pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

"Saya kagum dengan Mas Ganjar Pranowo dan Pak Moh Mahfud MD sejak awal, ketika kalah Pilpres langsung menyatakan akan berada diluar pemerintah dan beroposisi," kata Dahnil dalam cuitan di akun X miliknya, dikutip Sabtu (27/7/2024). 

Kata Dahnil, Ganjar-Mahfud tidak pernah merangkai kata-kata dengan harapan ada yang mendukungnya atau memintanya untuk mengisi suatu jabatan dalam pemerintahan. 

"Tidak merangkai kata sambil menunggu harap-harap tawaran," lanjutnya. 

Sementara pada cuitan sebelumnya, Dahnil juga terus menyinggung soal seseorang yang hendak mencari jabatan sebagai calon kepala daerah lantaran tak kuat menjadi oposisi. 

"Saya tegaskan lagi ya, terang dia sedang berburu jabatan, dan tak pernah melatih diri jadi oposisi, dan dia sesungguhnya tak kuat jadi oposisi," tulis Dahnil. 

Seperti diketahui, bekas capres nomor urut 1 Anies Baswedan memutuskan untuk maju menjadi bakal calon gubernur Jakarta, setelah sebelumnya berkali-kali di momentum Pilpres 2024 menyampaikan, bahwa dirinya akan memegang teguh prinsip yang ia yakini dalam kontestasi Pemilu. 

Anies menegaskan, bahwa kubu yang kalah harus berada di luar pemerintahan dalam arti menjadi oposisi, jika KPU telah menetapkan dan mengumumkan secara resmi pihak yang menang dalam Pilpres 2024.

"Saya pegang prinsip itu aja. Bila menang berada di dalam pemerintahan, bila tidak menang maka berada di luar pemerintahan dan dua-duanya sama-sama penting," kata Anies kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/3/2024) lalu.

Anies juga menegaskan, bahwa dirinya pernah menyatakan hal tersebut dalam debat Pilpres 2024 perdana pada 12 Desember 2023 lalu. Sehingga ia memastikan bahwa dirinya tak akan menarik kata-katanya. 

"Saya pernah katakan bukan di debat? Debat pertama saya bilang, bahwa jangan sampai kita tidak tahan berada di posisi oposisi," jelas Anies.