Megawati ke Hasto: Jangan Takut Ditangkap, Nanti Saya Datangi Kapolri

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 30 Juli 2024 3 jam yang lalu
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri [Foto: Doc. MI]
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri [Foto: Doc. MI]

Jakarta, MI - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) yang merupakan Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri mengatakan, ke Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, agar tidak takut jika nanti dirinya ditangkap oleh aparat.

Pasalnya jika nantinya Hasto ditangkap, Megawati mengaku akan mendatangi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Dia pun menuding bahwa polisi kerap mengadakan target-target, terhadap sosok tertentu.

"Kok gitu takut. Kaya Pak Hasto, sampai saya nanya salah mu opo? Biarin aja deh," kata Megawati di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Dirinya, lanjut Mega, pernah berurusan dengan polisi maupun kejaksaan di masa sebelum menjadi Presiden. Namun setelah menjadi Presiden, dia mengaku kedua lembaga tersebut, memberikan penghormatan kepada dirinya.

"Bukan sombong, itu yang namanya adalah bahwa nggak ada kekuasaan itu yang langgeng," ujarnya.

Maka dari itu, dia pun mengaku heran kepada pihak-pihak yang takut ketika berurusan dengan hukum. Pasalnya, dia memastikan bahwa kebenaran akan tetap menjadi kebenaran, sehingga tidak perlu ada ketakutan.

Dia pun mengaku sejauh ini, hanya berdiam saja ketika ada urusan-urusan yang menimpa PDIP, maupun kadernya itu. Bahkan, menurutnya banyak pihak yang mengatakan bahwa dirinya, sangat sabar dalam menghadapi hal tersebut.

"Sudah diem aja, kubilang. Nanti juga selesai, gitu. Karena apa? Saya bukannya untuk saya, ini buat bangsa dan negara," jelasnya.

Seperti diketahui, pada awal Juni 2024, Hasto Kristiyanto sempat berurusan dengan Polda Metro Jaya, saat diperiksa terkait pernyataannya dalam wawancara di sebuah media TV nasional.

Hasto saat itu diperiksa selama 2,5 jam. Dia dilaporkan oleh dua orang atas nama Hendra dan Bayu Setiawan pada 26 Maret 2024 dan 31 Maret 2024 dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/1735/III/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA dan LP/B/1812/III/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Kemudian, Hasto juga sempat berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memeriksanya dalam rangka sebagai saksi, kasus dugaan suap penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024, dengan tersangka Harun Masiku (HM).