Golkar Resmi Usung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar 2024, RK Potensi Melenggang di Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Dedi Mulyadi saat menerima pinangan Golkar untuk maju pada Pilkada Jabar 2024. (Foto: Antara/Ist)
Dedi Mulyadi saat menerima pinangan Golkar untuk maju pada Pilkada Jabar 2024. (Foto: Antara/Ist)

Jakarta, MI - Partai Golkar resmi meminang mantan bupati Purwakarta dua periode, Dedi Mulyadi, untuk diusung menjadi calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024.

Hal tersebut dipastikan usai pertemuan antara Dedi Mulyadi dengan utusan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yakni Singgih Januratmoko dan sejumlah petinggi Golkar Jabar di Kota Bandung pada Jumat (2/8/2024) malam.

"Kita tadi sudah berdiskusi banyak. Intinya bahwa kita mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat," kata Singgih.

Mengomentari pinangan itu, politikus Partai Gerindra itu menyampaikan berterima kasih kepada jajaran pengurus DPP Golkar, terutama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Saya mengucapkan terima kasih ya buat Mas Singgih dan jajaran pengurus DPP Partai Golkar, khususnya buat Ketua Umum DPP Partai Golkar Pak Airlangga Hartarto bahwa utusannya sudah datang ke Jawa Barat untuk ajak ngomong serius masalah tunangan di Provinsi Jawa Barat," kata dia.

Meski diusung oleh Golkar menjadi cagub, Dedi akan terlebih dahulu meminta ridho dan persetujuan dari Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk bertarung pada Pilkada Jabar.

Dedi mengatakan, dalam pertemuan tersebut ia juga mendapatkan beberapa pesan dari Airlangga melalui sambungan telepon untuk mempersiapkan diri.

"Pak Airlangga berpesan ke saya, jangan terlalu jauh kalau main dari luar rumah, jangan melewati Jawa Barat, harus berada di wilayah Jawa Barat. Kemudian nanti cari pasangan di Golkar yang sesuai dengan kriteria sebagai calon istri (wakil) yang baik," kata dia.

Dengan diusungnya Dedi di Pilkada Jabar, otomatis membuat nama Ridwan Kamil (RK) semakin berpeluang untuk diusung oleh Golkar dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilkada Jakarta. 

“Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti Jakarta siapa,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai menghadiri puncak peringatan HUT Ke-46 AMPI di Jakarta, Jumat (2/8/2024).