PDIP-Golkar Akan Deklarasikan Pasangan Airin-Ade untuk Pilkada Banten pada 14 Agustus Mendatang

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 6 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Foto Kolase - Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi (Foto: Ist)
Foto Kolase - Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilkada Banten 2024.

Sekretaris DPD PDIP Provinsi Banten Asep Rahmatullah, mengatakan sampai saat ini pihaknya masih terus berkomunikasi dengan Golkar untuk mengusung pasangan Airin-Ade di Pilkada Banten 2024.

"Sampai sekarang kita benar usung Airin-Ade, kan selalu saya sampaikan," kata Ade kepada wartawan, dikutip Selasa (6/8/2024). 

Asep juga mengungkapkan deklarasi akan dilangsungkan pada 14 Agustus mendatang, dan saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan terkait tempat dan lokasi deklarasi.

"Tanggal 14 Agustus ini kita akan lakukan deklarasi, untuk tempat masih kita bahas. Belum bisa kita sampaikan sekarang," jelasnya.

Menurutnya, baik PDIP dan Golkar tidak ingin terburu-buru mendeklarasikan Airin-Ade seperti pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah yang terlebih dahulu dideklarasikan oleh Koalisi Banten Maju. 

"Nanti aja kita deklarasi. Kalau kita sudah deklarasi berarti siap. Namanya demokrasi kan gitu. Persoalannya tinggal bagaimana berkampanye ke masyarakat. Menyampaikan program karena kedaulatan di tangan rakyat," ujarnya. 

Seperti diketahui, hingga saat ini di Provinsi Banten hanya tersisa PDIP dan Golkar yang belum mendeklarasikan koalisi dan jagoannya untuk diusung di Pilkada Banten. 

Apabila keduanya sepakat untuk berkoalisi, maka koalisi yang dibangun oleh PDIP dan Golkar akan melawan Koalisi Banten Maju yang berisikan 10 partai politik.

Adapun 10 partai politik yang telah resmi menyatakan dukungan untuk pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Andra Soni-Dimyati Natakusumah yaitu Partai Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PPP, PSI, Garuda dan Prima.