PDIP Akui Sudah Ada Beberapa Nama Cagub untuk Diusung di Pilkada Jakarta, PKB Siap Merapat

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 9 Agustus 2024 10 jam yang lalu
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: MI/Dhanis)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, menyebut sudah ada beberapa nama yang akan diusung sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta di Pilkada 2024.

"Nama-nama sudah ada. Proses dialog sudah dilakukan," kata Hasto saat ditemui di sela-sela mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024)

Kata Hasto, PDIP terus mencermati dinamika politik di Jakarta dan figur-figur yang akan didorong maju pada Pilkada Jakarta.

Apalagi lanjut dia, Ketum PDIP sudah menugasi kader-kadernya untuk menjalin komunikasi dan pendekatan kepada partai politik lain untuk dapat berkontestasi di Pilkada Jakarta. 

"Ibu Megawati Soekarnoputri menugaskan tujuh kader senior untuk melakukan pendekatan-pendekatan dengan partai politik lain," ungkap dia.

Seperti diketahui, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, melempar sinyal bahwa partainya bisa saja berkoalisi dengan PDIP di Pilkada Jakarta. 

"Sama PDIP cukup, yang jelas PKB tidak cukup sendirian," kata Jazilul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/8/2024). 

Kata Jazilul, pihaknya akan mempertimbangkan dengan seksama soal ketercukupan suara dan figur yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

"Enggak ada soal di akhir maupun di depan yang penting ada kecukupan koalisi, dengan siapa, pasangannya apa, dan semua bisa dihitung dari perolehan kursi yang ada di DKI," katanya.