Bagja Apresiasi Kinerja Humas Bawaslu: Kami Terima Kasih

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja saat hadir dalam Rakornas Evaluasi Pemberitaan Bawaslu pasca Pemilu 2024 di Palembang, Sumatera Selatan. (Foto: Bawaslu RI)
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja saat hadir dalam Rakornas Evaluasi Pemberitaan Bawaslu pasca Pemilu 2024 di Palembang, Sumatera Selatan. (Foto: Bawaslu RI)

Jakarta, MI - Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, mengapresiasi kinerja Humas Bawaslu dalam menyajikan informasi seputar pengawasan kepemiluan melalui pemberitaan di media internal (website Bawaslu). 

Sebab itu, Bagja pun menekankan agar Humas Bawaslu dapat terus menjaga tren positif ini dan fokus dalam menyampaikan hasil pengawasan kepada publik menjelang Pilkada serentak 2024.

"Melihat teman-teman Humas bekerja bagus sekali. Jadi apa lagi yang perlu diberitakan? Apalagi yang kurang? Kita harus bekerja fokus dan buat inovasi baru," jelas Bagja dalam Rakornas Evaluasi Pemberitaan Bawaslu pasca Pemilu 2024 di Palembang, Sumatera Selatan, dikutip pada Sabtu (10/8/2024).

Bagja mengingatkan agar Humas dapat memilah tiap informasi dengan baik, terutama dalam data-data. Contohnya seperti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Pemilu 2024 yang ramai diperbincangkan publik.

"Itu pembelajaran kita lakukan ke depan, pilkada 

lebih banyak kerawanannya. Kami terimakasih atas teman-teman yang sudah ikut memberitakan apa yang jadi kegiatan pengawasan selama Pemilu kemarin. Buatlah Bawaslu lebih berwarna," katanya.

Selain Bagja, Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty pun merasa hasil evaluasi pemberitaan pasca pemilu bisa membuat Humas Bawaslu berkaca atas ragam kinerja yang perlu ditingkatkan atau ditinggalkan.

Sehingga, kata dia, pemberitaan yang semakin inovatif dan edukatif kepada publik dalam Pilkada 2024 dapat tersampaikan dengan baik.

"Maka kita refleksikan betapa besar dampak pemberitaan kalau baik dilakukan Bawaslu, dan juga dampaknya besar jika pemberitaan dilakukan ala kadarnya alias biasa saja," kata Lolly dalam sambutannya.

Lolly juga berharap Bawaslu dari tingkat pusat hingga Kabupaten/Kota memiliki agenda setting dalam mempersiapkan topik prioritas. Dia menekankan untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan publik selama tahapan Pilkada.

"Sebagai media bawaslu kita punya keleluasan menentukan topik yang menjadi prioritas perhatian. Berarti kita penuh perencanaan, pantang pulang sebelum tayang," ucap Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu.