Istana Tegaskan Airlangga Mundur dari Ketum Golkar Tak Ada Kaitan dengan Jokowi

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 12 Agustus 2024 7 jam yang lalu
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana [Foto: Instagram]
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan pengunduran diri Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Umum Partai Golkar adalah pilihan atau hak pribadi, yang bersangkutan dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pengunduran diri Bapak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar adalah pilihan/hak pribadi beliau yang selanjutnya sepenuhnya menjadi urusan internal Partai Golkar," kata Ari di Jakarta, Senin (12/8/2024).

"Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan Presiden," tambahnya.

Ari menegaskan bahwa Airlangga saat ini masih menjalankan tugasnya membantu Jokowi, sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

"Dari semalam sampai hari ini beliau mendampingi Bapak Presiden di Ibu Kota Nusantara," tegasnya.

Airlangga Hartarto, yang terpilih sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar pada tahun 2017, mengumumkan pengunduran dirinya ke publik dalam rekaman video yang disiarkan Partai Golkar di Jakarta, Minggu (11/8/2024). Dia menyebut mundur sejak Sabtu malam (10/8/2024).

Dalam rekaman video yang sama, dia menjelaskan alasan pengunduran dirinya karena ingin menjaga keutuhan Partai Golkar, dan menjaga stabilitas di tengah masa transisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke pemerintahan Prabowo Subianto sebagai pemenang Pilpres 2024.