PDIP Segera Umumkan Bakal Calon Kepala Daerah untuk Gelombang Pertama

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 12 Agustus 2024 7 jam yang lalu
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: MI/Dhanis)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - PDI Perjuangan mengungkapkan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, akan segera mengumumkan nama bakal calon kepala dan wakil kepala daerah yang mendapat surat rekomendasi di Pilkada 2024 untuk gelombang pertama.

"Ibu Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon kepala dan wakil kepala daerah yang gelombang pertama," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kemarin.

Walaupun demikian, Hasto belum mau membocorkan daerah mana saja yang akan diumumkan nama bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerahnya pada 14 Agustus nanti.

"Ya, 14 Agustus nanti akan disampaikan. Ya, termasuk nanti lengkap mencerminkan seluruh Indonesia karena pijakan PDIP ini kan Indonesia untuk Indonesia Raya, maka yang diumumkan itu nanti merepresentasikan Indonesia kita. Ada yang dari Aceh, Papua, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, pokoknya lengkap," jelasnya.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa partainya tetap berkonsolidasi dan berkomunikasi dengan partai politik lain untuk Pilkada 2024.

Oleh sebab itu, ia menolak mengatakan bahwa partainya sulit diajak berkomunikasi dengan partai politik lain mengenai Pilkada 2024.

"Jangan lupa bahwa di tengah-tengah gempuran yang luar biasa, tubuh-tubuh banteng yang terluka di dalam Pilpres dan Pileg yang lalu, di tingkat kabupaten/kota itu perolehan kami naik, sehingga kerja sama dengan partai politik yang lain dengan Golkar, Gerindra, PKB, PPP, Perindo, Hanura, kemudian ada NasDem, Demokrat, PKS itu terrepresentasi," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa partainya justru menjadi kekuatan perekat antar semua partai dalam Pilkada 2024.