Airlangga Mundur dari Ketum Golkar, Jokowi Pastikan Posisi di Kabinet Aman

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 13 Agustus 2024 5 jam yang lalu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. [Foto: Istimewa]
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. [Foto: Istimewa]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut posisi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di kabinet masih aman, usai yang bersangkutan mundur sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

“Kalau di bawah Kabinet Indonesia Maju tidak saya kira ndak ada masalah,” kata Joko Widodo usai meninjau training center PSSI di IKN, Selasa (13/8/2024).

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga yang juga politisi Golkar Dito Ariotedjo, menimpali bahwa hubungan Airlangga dengan Jokowi baik-baik saja.

“Dari tadi malam sama Pak Jokowi sangat akrab, dan senyum terus. Jadi, harmonis,” terang Dito Ariotedjo.

Adapun Jokowi juga menyampaikan perombakan kabinet, hanya akan dilakukan jika diperlukan.

Sebelumnya, dia juga menegaskan urusan pengunduran diri Airlangga Hartarto dari jabatan Ketua Umum Golkar, merupakan urusan internal partai tersebut.

Hal itu ditegaskan Jokowi, saat menjawab pertanyaan wartawan terkait tudingan adanya pembicaraan terkait kepengurusan Golkar yang dilakukannya, yang menyulut pengunduran diri Airlangga.

Menurutnya, setiap partai itu memiliki proses dan mekanisme.

Dia meminta awak media menanyakan isu tersebut kepada Airlangga Hartarto sendiri, atau kepada politisi Golkar yang juga Menteri Pemuda dan Olah Raga Dito Ariotedjo yang tengah mendampinginya.