Agus Gumiwang Plt Ketua Umum Partai Golkar

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 13 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Plt Ketua Umum Partai Golkar
Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Plt Ketua Umum Partai Golkar

Jakarta, MI - Menjelang Rapat Pleno Partai Golkar, Selasa (13/8/2024) malam ini, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo menyebut Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Plt Ketua Umum Partai Golkar.

"Plt-nya Agus Gumiwang. Karena dia kawan saya," ujar Bamsoet ketika ditanya pertimbangan penunjukan Agus Gumiwang.

Hingga berita ini ditulis, Rapat Pleno belum berlangsung. Belum ada kabar resmi dari Pleno Partai Golkar.

Sementara itu, Agus Gumiwang menjawab politis berkaitan santer namanya bakal menjadi Plt Ketua Umum Partai Golkar. Agus mengatakan semua kader Partai Golkar berhak menjadi Plt Ketua Umum. Dia tak menjawab tegas ketika ditanya soal hasratnya memegang kendali sementara partai tersebut.

"Plt Ketum nanti akan dibahas di dalam pleno. Semua wakil ketua umum punya hak dan bisa jadi Plt Ketum. Pleno nanti yang menetapkan," kata Agus menegaskan ulang.

Seperti diketahui, Pleno Partai Golkar digelar malam ini, Selasa (13/8/2024) akan dipimpin Sekjen Partai Golkar, Lodewijk Paulus.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Adies Kadir mengakui dinamika yang saat ini terjadi nama Agus Gumiwang mengerucut menjadi Plt Ketua Umum. "Sementara ini ya mengerucut ya Pak AGK, Agus Gumiwang Kartasemita itu mengerucut ke sana," katanya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketum DPP Partai Golkar di Jakarta, Minggu (11/8/2024).

Dalam video resmi yang disiarkan Partai Golkar, Airlangga menjelaskan alasan dia mundur karena ingin menjaga keutuhan Partai Golkar dan memastikan stabilitas selama transisi pemerintahan dari Presiden RI Joko Widodo ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri dari jabatan Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Airlangga.

Airlangga menyebutkan pengunduran dirinya sebagai Ketum Golkar terhitung sejak Sabtu (10/8) malam.