Agus Gumiwang Tegaskan Tak Maju Jadi Ketua Umum Golkar

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 13 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang [Foto: Repro]
Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang memastikan dirinya, tidak akan mencalonkan jadi Ketua Umum Partai Golkar.

"Saya tidak maju," kata Agus di kantor DPP Partai Golkar, Selasa (13/8/2024).

Agus pun tidak menjelaskan alasan dirinya tidak maju, menjadi calon ketua umum menggantikan Airlangga Hartarto.

Agus mengatakan, dirinya hanya ditugaskan sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar untuk membawa dua agenda yakni, penentuan jadwal rapat pimpinan nasional (rapimnas) dan musyawarah nasional (munas).

Dua agenda itu, terkhusus munas, kata dia, perlu digelar secepatnya lantaran Partai Golkar dalam waktu dekat, akan menghadapi agenda-agenda besar kenegaraan.

Untuk menghadapi agenda kenegaraan tersebut, Agus menilai Golkar memerlukan ketua umum yang definitif. Karenanya, pihaknya akan menentukan Ketua Umum Golkar dalam munas tersebut.

"Tanggal 20 Agustus kita rencanakan pembukaan rapimnas di pagi hari kemudian malam harinya 20 Agustus malam kita rencanakan agenda pembukaan munas ke-11 Partai Golkar yang juga disepakati dan diputuskan akan digelar di Jakarta," ujarnya.

Agus Gumiwang pun sempat ditanya soal nama-nama, yang santer akan menjadi Ketua Umum Golkar salah satunya Bahlil Lahadalia. Namun demikian, Agus hanya merespon pertanyaan itu dengan jawaban normatif.

"Siapa yang akan jadi ketua umum, penentuan format organisasi akan ditentukan dalam Munas," tegas Agus.

Sebelumnya, Agus terpilih menjadi Plt Ketua Umum Golkar berdasarkan keputusan rapat Pleno yang digelar, Selasa (13/8/2024) malam ini.

Rapat pleno tersebut digelar, sebagai tindak lanjut dari mundurnya Airlangga Hartarto, dari kursi Ketua Umum Partai Golkar.

Airlangga sendiri menyatakan mundur dari kursi orang nomor satu di Golkar, dalam sebuah video yang diunggah dalam akun sosial medianya, pada Minggu (11/8/2024) lalu.