Ditanya Soal Dukung Anies Atau Tidak di Pilkada Jakarta, PKB Beri Jawaban pada 19 Agustus

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 15 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: MI/Dhanis) /
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: MI/Dhanis) /

Jakarta, MI - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengatakan bahwa partainya masih belum memutuskan untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

"Ya kita tunggu aja. Desk Pilkada sedang bekerja. Kami akan sampai pada kesimpulan 1-2 hari ini," kata pria yang akrab disapa Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (15/8/2024). 

Kata dia, DPP PKB sampai saat ini masih belum dapat mengambil keputusan terkait usulan DPW PKB Jakarta yang menginginkan Anies maju di Pilkada Jakarta.

"Usulan dan aspirasi DPW menjadi perhatian DPP, tetapi pilkada ini ada satu tim yang memang menangani, saya pun tidak bisa intervensi, yaitu Desk Pilkada yang itu akan ditentukan dalam waktu-waktu secepatnya," ucapnya.

Selain itu, ia juga menanggapi soal peluang bergabungnya PKB dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Pilkada Jakarta. Menurutnya, hal itu akan terjawab pada 19 Agustus nanti.

"Nanti kita lihat, yang penting tanggal 19," jelasnya.

Seperti diketahui, Partai NasDem yang sebelumnya bersama PKS telah mendeklarasikan Anies sebagai calon gubernur Jakarta, kini Partai pimpinan Surya Paloh itu telah mengambil sikap tegas untuk tidak mengusung Anies di Pilkada Jakarta dan memutuskan untuk bergabung dengan KIM Plus. 

“Saya sudah beri tahu Pak Anies: Pak Anies, Anda sebagai adik, ini bukan momen Anda untuk maju pada Pilkada Jakarta,” kata Surya Paloh usai menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (15/8/2024). 

Paloh juga menyebut, kedatangannya ke kediaman presiden terpilih itu untuk memperjelas posisi Partai Nasdem saat ini.

“Nasdem jelas bertekad dengan seluruh daya upaya yang ada apa yang dimilikinya berkepentingan untuk menyukseskan pemerintahan ini,” jelasnya.

KIM Plus Umumkan Pendamping Cawagub untuk Ridwan Kamil pada 19 Agustus

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan segera mengumumkan sosok bakal Cawagub untuk mendampingi Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta 2024.

Kata Dasco, pengumuman resminya akan disampaikan pada 19 Agustus nanti, namun ia tak menyebut di mana tempat pengumuman itu akan dilangsungkan. 

"Secara resminya, kami sepakat akan mengumumkan pada tanggal 19 Agustus kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Selain itu, Dasco juga mengungkapkan bakal ada lebih dari tiga partai politik (parpol) yang akan bergabung dengan KIM Plus dalam waktu dekat ini.

Kendati begitu, Dasco enggan menyebutkan partai-partai mana saja yang akan bergabung dengan KIM Plus.

"Ya pokoknya banyak lah, lebih dari 3 (parpol gabung KIM Plus)," kata Dasco.