Demokrat Sebut Demokrasi Tak Akan Sehat Jika Pilkada Jakarta Melawan Kotak kosong

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 Agustus 2024 7 jam yang lalu
Ilustrasi - Bendera Partai Demokrat
Ilustrasi - Bendera Partai Demokrat

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, berharap kontestasi Pilkada Jakarta 2024 tidak hanya melawan kotak kosong sehingga mengejawantahkan demokrasi yang sehat.

"Saya berharap demokrasi sehat, tidak hanya melawan kotak kosong karena kita ingin adanya kompetisi," kata Ibas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). 

"Karena presiden saja ada kompetisinya begitu ya, masa di daerah kita takut untuk berkompetisi, tapi kita lihat pemenang hajat dari pilkada ini tentunya parpol dan rakyat pada umumnya," tambahnya. 

Dia menyebut urusan Pilkada 2024 dipegang oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya.

"Tapi saya sebagai kader Partai Demokrat tentu berharap ya, proses pilkada dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, proses demokrasi juga dapat terselenggara dengan sebaik-baiknya," katanya.

Dia berharap kontestasi Pilkada 2024 dapat menghasilkan koalisi dan pasangan calon yang mumpuni untuk dapat memimpin daerahnya.

"Yang dapat menghasilkan juga pada saatnya pemerintahan daerah yang capable, yang kompeten, yang seiring dengan langkah pemerintah pusat pada saatnya nanti," ucapnya.

Sebelumnya, Rabu (14/8), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan kembali bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah sepakat untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

"Yang KIM sudah sepakat RK. Wakilnya yaitu tadi hanya belum dibicarakan lengkap di KIM, kalau RK-nya sudah," kata dia.

Adapun, Kamis (15/8), Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengaku telah memperjelas posisi partainya dengan memberi tahu bahwa saat ini bukan momentum bagi Anies Baswedan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

“Saya sudah beri tahu Pak Anies: Pak Anies, Anda sebagai adik, ini bukan momen Anda untuk maju pada Pilkada Jakarta. Kita cari momentum yang lebih tepat lagi ke depan. Ada pemahaman itu,” ucap Surya Paloh usai menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta.

Sementara itu, Jumat (9/8), Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid turut menanggapi potensi calon tunggal dan kotak kosong di Pilkada Jakarta.

"Itu bisa terjadi menurut konstitusi. Enggak dilarang kan," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta.