Resmikan Kantor Bawaslu Tangsel, Rahmat Bagja: Jadikan Semangat Baru untuk Awasi Pemilihan 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 Agustus 2024 6 jam yang lalu
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (tengah) didampingi Walikota Tangsel Benyamin Davnie (kanan) dan Ketua Bawaslu Kota Tangerang Selatan Muhammad Acep (kiri berbaju hitam) sedang memotong pita tanda peresmian Gedung Kantor Bawaslu Kota Tangsel. (Foto: Bawaslu)
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (tengah) didampingi Walikota Tangsel Benyamin Davnie (kanan) dan Ketua Bawaslu Kota Tangerang Selatan Muhammad Acep (kiri berbaju hitam) sedang memotong pita tanda peresmian Gedung Kantor Bawaslu Kota Tangsel. (Foto: Bawaslu)

Jakarta, MI - Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, mengapresiasi Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang telah membangun gedung Bawaslu Kota Tangsel menjelang Pemilihan serentak 2024.

Kata Bagja, penyediaan fasilitas oleh Pemkot Tangsel ini dapat menjadi dorongan semangat bagi kerja-kerja pengawasan di Tangsel dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh jajaran Bawaslu Kota Tangsel. 

"Selamat semoga sehat selalu menjalankan tugasnya, jadikan ini semangat baru tolong gunakan ruangannya. Saya kira ini merupakan sebuah dorongan yang baik," kata Bagja saat memberikan sambutannya dalam Peresmian Kantor Bawaslu Kota Tangerang Selatan dan Tasyakuran Bawaslu Tangsel yang ke-6, dikutip Jumat (16/8/2024).

Menurutnya Bawaslu Tangsel wajib menjaga amanah yang dititipkan dari Pemerintah dengan memberikan kinerja yang baik dalam pelaksanaan pengawasan Pemilihan.

Selain itu, Bagja juga berpesan kepada jajaran Bawaslu Tangsel untuk melakukan sosialisasi dalam rangka pencegahan.

"Lewat forum ini saya mengamanatkan ke Bawaslu Tangerang Selatan agar menggiatkan sosialisasi ke teman-teman ASN, organisasi masyarakat dan pemuda. Agar kita melakukan penyelenggaraan pemilihan dengan baik," kata Bagja.

Lebih lanjut, dalam momentum hari lahir Bawaslu Kabupaten/Kota, Bagja juga meminta agar koordinasi dan sinergi dengan Pemkot Tangsel dapat terus berjalan baik.

Sebab dalam masa enam tahun bekerja, dia melihat kerja-kerja Bawaslu Tangerang Selatan melakukan fungsi pengawasan kepada KPU Tangerang Selatan.

"Kiranya Pemkot Tangerang Selatan bisa membantu sosialisasi ke depan, siapapun yang bertanding kawan ASN tetap dimohon pada jalurnya untuk melakukan fungsi pelayanan bagi seluruh warga di Tangerang Selatan," tegas dia.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Bawaslu Tangsel.

Menurutnya pembangunan gedung Bawaslu Tangsel tidak hanya menjalankan tugas untuk mengawasi pemilihan yang adil dan transparan, tapi juga dalam mewujudkan kantor yang representatif dan memadai mendukung segala aktifitas yang dijalankan oleh Bawaslu.

"Gedung yang baru diresmikan ini bukan sekedar bangunan semata, melainkan simbol komitmen kita semua dalam memperkuat demokrasi di Kota Tangsel," ucap Benyamin.

Dalam peringatan ulang tahun yang ke-6 ini, Benyamin mengatakan, merupakan momentum untuk merenungkan dan mengevaluasi perjalanan selama ini.

Untuk itu, dia mengajak semua masyarakat agar terus mendukung Bawaslu dalam menjalankan tugas-tugasnya demi menertibkan pemilihan yang bersih dan bermartabat.

Benyamin menambahkan, Pemkot Tangsel berkomitmen untuk bersinergi dengan Bawaslu dan KPU untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan wilayah di Tangsel.

Dia menyadari tugas Bawaslu tidaklah ringan, terutama menjelang pemilihan yang akan datang. "Marilah kita jadikan peresmian ini menjadi awal semangat baru untuk memperkuat peran dan fungsi Bawaslu Tangsel," demikian Benyamin.