Akhir Pekan Ini Golkar Umumkan Cawagub Jabar

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 16 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa Barat MQ Iswara memberikan keterangan. (Foto: Antara)
Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa Barat MQ Iswara memberikan keterangan. (Foto: Antara)

Bandung, MI - Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa Barat, MQ Iswara memastikan pihaknya akan mengumumkan sosok calon wakil gubernur Jawa Barat dalam Pilkada Jabar 2024 pada akhir pekan ini yakni Minggu (18/8/2024).

Pengumuman Cawagub Jabar dari Golkar yang rencananya diduetkan bersama Dedi Mulyadi, kata Iswara, akan dilaksanakan paling lambat tanggal 18 Agustus 2024 atau sebelum Musyawarah Nasional (Munas) Golkar pada 20 Agustus 2024 mendatang.

"Rata-rata tanggal 15, 16 atau 18 Agustus 2024. Insya Allah sebelum Munas sudah dibahas, sudah bisa diputuskan. Kalau belum, nanti akan diputuskan oleh ketua definitif," kata Iswara dalam keterangannya di Bandung, Jumat (16/8/2024).

BACA JUGA: Puan Sebut Politik Tanpa Nilai Bisa Buat Kebohongan Terdengar Jujur

Berdasarkan data yang dimilikinya, ada lima nama sosok yang tengah dipertimbangkan DPD Golkar Jawa Barat untuk menjadi pendamping Dedi Mulyadi, salah satunya, adalah istri mantan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 Ridwan Kamil yaitu Atalia Praratya.

"Per hari ini masih ada beberapa nama seperti Atalia Praratya, Ade Ginanjar, Dadang Naser, kemudian ada tambahan nama Pak Erwan Setiawan Wakil Bupati Sumedang itu juga masuk bursa dan kalau ada nama saya di situ," ujarnya.

BACA JUGA: Anies-Ahok Intens Berkomunikasi, PKS: Bukti Kedewasaan Berpolitik

Disinggung soal Jusuf Hamka, Iswara tidak menampik bahwa yang bersangkutan sempat muncul sebagai kandidat kuat bakal calon Gubernur Jabar, namun, Jusuf Hamka mengikuti jejak Airlangga Hartarto yang mundur sebagai ketua umum Golkar.

"Ya, Pak Jusuf Hamka nama yang belakangan muncul di bursa cawagub Jabar dan pada hari pertama beliau bersosialisasi dan mendapat informasi kalau Pak Airlangga mundur. Dan kita ketahui Pak Jusuf Hamka cukup dekat dengan Pak Airlangga, mungkin karena kedekatan itu, beliau mundur," ucapnya.

BACA JUGA: SETARA Institute: BPIP Tak Boleh Mencontohkan Politik Penyeragaman

Selain pendamping Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar, Iswara mengatakan, DPD Golkar baru mengeluarkan sekitar 22 rekomendasi untuk calon gubernur dan wakil gubernur serta 314 rekomendasi untuk bakal calon bupati/wali kota dan bakal calon wakil bupati/wali kota se-Jabar.

"Terkait rekomendasi yang sudah keluar, alhamdulillah kemarin sudah ada pernyataan resmi dari ketua plt Golkar dan hari ini pun kami dipanggil plt dan insya Allah rekomendasi yang sudah ke uar untuk kepala daerah dari Golkar tidak berubah," pungkasnya.