Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Agus Subiyanto Ngaret

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 10 November 2023 14:41 WIB
KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto [Foto: Wikipedia]
KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto [Foto: Wikipedia]

Jakarta, MI - Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, pihaknya masih menunggu berkas administrasi dari calon panglima TNI, Agus Subiyanto untuk dilakukan proses verifikasi administrasi

"Hari ini kita sedang menunggu berkas yang akan dikirimkan mabes TNI dan sampai sekarang tadi masih belum," kata Bobby di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/11).

"Jadi kita masih menunggu," tambahnya

Bobby menjelaskan, berkas administrasi harusnya dikirimkan hari ini hingga jam kerja selesai. Namun, ia mengetahui apa alasan dari keterlambatan ini.

"Harusnya sih janjinya jam 10, tapi sampai sekarang belum. Tapi saya rasa akan dikirimkan, karena kita agendakan hari Senin acaranya (fit and proper test)," ujarnya.

"Kita tunggu sampai selesai jam kerja, karena perlu waktu juga untuk memproses verifikasi pemberkasan tersebut," sambungnya.

Calon panglima TNI, Agus Subiyanto, kata dia, dipastikan tidak akan hadir ketika penyerahan berkas administrasi. Di sisi lain, ia juga sempat membocorkan pertanyaan, yang akan diajukan ketika fit and proper test nanti.

"Pasti paling pertama adalah bagaimana kesiapan dalam menghadapi pemilu, dan tentu prioritas utama penanganan masalah di Papua, masalah keamanan di Papua," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku telah menerima surat presiden (surpes) tentang, penunjukan Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto, sebagai calon panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono, yang pensiun per tanggal 26 November 2023.