Jokowi Luncurkan GovTech Indonesia di Istana Hari Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 27 Mei 2024 09:15 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Senin (27/5/2024).

“Besok akan di-launching oleh Bapak Presiden, GovTech ini,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Abdullah Azwar Anas, Minggu (26/5/2024).

Peluncuran itu, akan dilakukan pada acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024.

Anas berharap peluncuran GovTech dan indeks SPBE, akan membuat Indonesia memasuki fase baru dan mempercepat terwujudnya layanan digital prioritas terpadu di Indonesia.

Menurut keterangan pers Kementerian PAN dan RB, SPBE Summit 2024 akan menjadi momentum perkembangan layanan digital pemerintah berbasis kebutuhan masyarakat (citizen centric).

Acara itu juga akan mengukir sejarah baru, dengan diluncurkannya GovTech sebagai penyedia solusi terpadu berbagai layanan digital pemerintah, termasuk portal nasional dan layanan terkait infrastruktur.

Para kepala instansi, kementerian, dan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas, juga akan menandatangani sebuah komitmen.

“Semoga dengan digelarnya SPBE Summit 2024 dan peluncuran GovTech Indonesia, nantinya kita memasuki tahapan baru Indonesia yang lebih mudah, cepat, transparan, bebas dari korupsi, dan tentunya fokus pada kebutuhan masyarakat,” tandasnya.