Berlambang Garuda, Kemenkominfo Tegaskan Aplikasi Elaelo Bukan Buatan Pemerintah

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 Juni 2024 11:47 WIB
Tampilan web Elaelo sebelum resmi diluncurkan. [FOTO: Tangkapan layar/elaelo.id]
Tampilan web Elaelo sebelum resmi diluncurkan. [FOTO: Tangkapan layar/elaelo.id]

Jakarta, MI - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan bahwa elaelo.id, bukan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh pemerintah.

"Emang bukan dari (Kementerian) Kominfo," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, Rabu (19/6/2024).

Selain itu, menurut fitur Cek Hoaks dalam situs web Aduankonten.id yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, informasi yang menyebut situs elaelo.id sebagai platform "Under Construction by Kominfo" merupakan hoaks.

Platform elaelo.id ramai diperbincangkan sejak akhir pekan lalu, menyusul isu pemblokiran X oleh pemerintah, imbas dari penerapan ketentuan tentang konten dewasa yang dirilis X akhir Mei 2024.

Platform tersebut muncul ke publik, dan menjanjikan 1.000 centang biru bagi pengguna yang mendaftarkan diri pertama kali.

Setelah ramai diperbincangkan, situs web elaelo.id sempat susah diakses pada Senin (17/6/2024), tetapi sudah bisa dibuka kembali pada Rabu.

Saat dicek dalam daftar penyelenggara sistem elektronik Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Rabu (19/6/2024) pukul 09.30 WIB, elaelo.id tidak ada dalam daftar.