PDNS Diserang Virus Ransomware, Menkominfo Janji Ungkap Identitas Pelaku

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 28 Juni 2024 07:38 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi [Foto: MI/Dhanis]
Menkominfo Budi Arie Setiadi [Foto: MI/Dhanis]

Jakarta, MI - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi berjanji, akan mengungkap pelaku serangan ransomware ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). 

"Nanti dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan jelaskan ke publik siapa pelakunya, motifnya apa pun," kata Budi Arie usai rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis (27/6/2024).

Sebelum mengungkap lebih detail terkait identitas pelaku, Budi mengeklaim yang terpenting penyerang gangguan siber tersebut, tidak dilakukan oleh negara lain.

"Namun, yang pasti ini bukan state actor, bukan dari negara tetapi perorangan dengan motif ekonomi," ujarnya.

Lebih lanjut, Dia menyatakan dalam serangan ransomware tersebut belum adanya kebocoran data, kepada pihak lain. Bahkan, sampai saat ini belum ditemukan bukti-bukti mengenai adanya kebocoran data.

"Yang pasti tadi hasil rapat dengan Komisi I DPR tidak ada indikasi dan belum ada bukti terjadinya kebocoran data," tegasnya.

Selain itu, Budi Arie merespons desakan masyarakat yang meminta dirinya mundur dari jabatan menkominfo. Seruan ini muncul, lewat petisi yang ramai di media sosial terkait PDN, yang diserang ransomware.

"Ah no comment kalau itu, itu haknya masyarakat untuk bersuara," tandasnya.